EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS MIN 1 SERANG

dirga ayu lestari

Abstract


Pendidikan saat ini masih menekankan pada dimensi kognitif saja, sehingga dimensi afektif dan keterampilan berpikir siswa yang lain seperti sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah kurang diberdayakan. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Serang masih ditemukan siswa yang pasif dalam pembelajaran serta belum memunculkan rasa ingin tahu terhadap pembelajaran dan belum menunjukkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. Permasalahan tersebut perlu diatasi, satu diantaranya adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Keaktivan dan peran siswa dalam model pembelajaran ini sangat mendukung untuk memberdayakan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa dan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA.

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Serang yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, oservasi dan tes. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t dan uji effect size cohen’s dengan bantuan komputer program Statistical Package for The Social Sciences (SPSS) 23.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan model konvensional yakni respon positif siswa di kelas eksperimen 84,61% > 32% di kelas kontrol. Sikap ilmiah dengan indikator rasa ingin tahu berkategori baik dan 9 indikator lainnya berkategori baik sekali di kelas eksperimen. Nilai rata-rata di kelas eksperimen 87,6% > 56,6% di kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t sikap ilmiah siswa Sig. 0,000 ≤ 0,05 dan hasil uji effect size cohen’s sikap ilmiah siswa 1,8 termasuk pengaruh tinggi. Selain itu, nilai rata-rata posttest keterampilan berpikir kritis siswa di kelas ekperimen 84,53 > 48,85 di kelas kontrol. Hasil Uji-t keterampilan berpikir kritis siswa Sig. 0,000 ≤ 0,05 dan hasil uji effect size cohen’s keterampilan berpikir kritis siswa 1,95 termasuk pengaruh tinggi. Oleh karena itu, terdapat efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Serang.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998