STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BERBKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SDLB TUNARUNGU NEGERI TULUNGAGUNG

faidl mabrurotul hasanah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan karakter kemandirian belajara siswa berkebutuhan khusus bagian tuna rungu, dimana siswa berkebutuhan khusus membutuhkan penanganan khusus dalam berbagai hal, pada Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu Negeri Tulungagung ini masih belum semua siswanya mempunyai karakter kemandirian belajar. Dalam hal ini peran kepala sekolah dan guru sangat penting dalam menumbuhkan karakter kemandirian belajar siswa. Dari hasil pengamatan peneliti strategi guru yang dilakukan dalam pembentukan karakter di sekolah dasar melalui metode pembiasaan antara lain setiap bulannya mengadakan lomba mewarnai untuk kelas 1 sampai 3 dan mengadakan lomba memasak dan menyulam untuk kelas 4 sampai 5. Strategi guru dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa melalui metode pembiasaan diantaranya setiap masuk kelas harus bersalaman dengan semua guru, siswa diajarkan untuk menyiapkan peralatan sekolah sendiri, siswa diajarkan untuk membersihkan kelasnya sendiri. Dampak pembentukan karakter kemandirian belajar siswa melalui metode pembiasaan diantaranya siswa jadi bisa mengurus kebutuhan sekolahnya sendiri, siswa jadi berani menampilkan bakat yang dimiliki, siswa lebih berani melakukan aktifitasnya sendiri dan terampil dalam berbagai bidang.


References


Kemendiknas. 2011 Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskurbuk Kemendiknas.

Victor Battistich. 2010. Character Education, Preventation, and Positive Youth Development of University of Missouri St Louis. Journal of social Scine, Vol. 01, No. 2.

Kurniawan, Syamsul . 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wuryandani, Wuri. 2016. Implementasi Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal cakrawala Pendidikan. Th 35, No. 2.

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Mulyono, Abdurrahman. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998