IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS III DI SD AS-SALAM BANGKALAN
Abstract
Kemerosotan akhlaq yang terjadi akhir-akhir ini sudah menjangkit pada generasi muda khususnya usia sekolah dasar. Hal tersebut bisa diatasi dengan membentuk pendidikan karakter religius di sekolah dasar. Setiap sekolah diharapkan dapat menyelenggerakan berbagai kegiatan khususnya proses pembelajaran yang menyisipkan nilai-nilai karakter religius. Salah satunya yaitu pada pembelajaran Alquran, yang menjadi tonggak pendidikan Islam. Salah satu model pembelajaran yaitu Project Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran Al-Quran, menjadikan siswa tidak hanya memahami kandungan Al-Quran namum mampu menerapkan apa yang terkandung dalam Al-Quran. Sehingga siswa akan berperilaku Qurani dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan dan pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran Al-Quran pada siswa kelas III SD As-Salam Bangkalan serta evaluasi dan implikasi model project based learning dalam pembelajaran Al-Quran pembelajaran terhadap nilai karakter religius siswa kelas III SD As-Salam Bangkalan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis yang dipakai adalah studi kasus. Studi kasus merupakan salah satu jenis pendekatan kualitatif yang menelaah sebuah kasus tertentu dalam konteks atau setting kehidupan nyata kontemporer. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan model project based learning dalam pembelajaran Al-Quran pada siswa kelas III SD As-Salam Bangkalan adalah dengan menyusun silabus, RPP serta menentukan proyek yang akan dilaksanakan siswa. 2) pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran Al-Quran pada siswa kelas III SD As-Salam Bangkalan adalah terdiri dari enam langkah, yaitu penentuan pertanyaan mendasar, merencanakan proyek, menyusun jadwal pelaksanaan proyek, monitoring proyek, menguji hasil, serta evaluasi. 3) evaluasi model project based learning dalam pembelajaran Al-Quran pada siswa kelas III SD As-Salam Bangkalan adalah dengan penilaian autentik yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan implikasi terhadap nilai karakter religius siswa, ditemukan beberapa nilai yaitu ketakwaan, kejujuran, keikhlasan,dan syukur. Pada pembentukan keempat nilai tersebut juga digunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan pemberian nasehat agar nilai karakter religius pada diri siswa semakin kokoh.
Kata Kunci: Implementasi, Project Based Learning, Pembelajaran Al-Quran, Nilai Karakter Religius.
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i2.7066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education
INDEXING BY