STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA ( Studi Kasus di MIS Al Hikmah PPPI Jeru - Tumpang)

Fahrurrozi Fahrurozi

Abstract


Nilai karakter sabar, jujur, dan ikhlas merupakan karakter pokok atau Ummahatul Akhlak yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan saat ini. Munculnya tindakan tidakan negatif dikalangan pelajar dan masyarakat,seperti tawuran antar pelajar, mudah marah, tidak tertib, mencontek saat ujian, melakukan tindak korupsi, kurang bisa menerima kekurangan pada diri sendiri, sering mengeluh dalam mengikuti proses belajar dan kegiatan di sekolah adalah bentuk konkrit dari karakter sabar, jujur, dan ikhlas yang belum berkembang dengan maksimal. Oleh karena itu pengembangan karakter tersebut harus segera dilakukan dengan memakai strategi dan metode yang tepat dalam pelaksanaannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang yang fokus penelitiannya meliputi: (1) strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang, (2) Metode pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang, dan (3) dampak strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas terhadap perilaku siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi tentang strategi pengembangan karakter kesabaran, kejujuran keikhlasan siswa di MIS Al Hikmah PPPI Jeru Tumpang melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti akan menggunakan tiga teknik, yaitu teknik ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Sedangakan informan dalam penelitian ini adalah kepala MI, pendidik, tenaga kependidikan , wali murid dan pihak lain yang berhubungan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang dilakukan melalui strategi pengenalan, pemahaman, penerapan, pembiasaan, pembudayaan dan internalisasi.(2) Metode pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa dengan metode mujahadah dan riyadhah, keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, dan pemberian  ganjaran.. (3) Dampak strategi pengembangan karakter sabar, jujur, dan ikhlas pada siswa di MIS Al-Hikmah Jeru-Tumpang ada dua, yaitu dampak secara teoritis dan dampak secara praktis.

 

Kata   Kunci:   Strategi, karakter, Sabar, Jujur,Ikhlas, siswa




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i1.7095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998