Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa

Evi Maulidah

Abstract


Dunia abad 21 ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi mempengaruhi pola hidup dan menuntut perubahan-perubahan kompetensi yang harus dimiliki oleh masyarakat. Pendidikan memiliki peran yang besar dalam mengawal sumber daya manusia. Oleh sebab itu, melatihkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 menjadi sebuah keniscayaan dalam pendidikan. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi adalah dua diantara keterampilan abad 21. Keterampilan tersebut dapat dilatihkan melalui pembelajaran. Penelitian ini menguji efektifitas model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas 4SDN Karang Melok I.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji keefektifan model PjBL dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, dan (2) menguji keefektifan model PjBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS (partial least square) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Adapun hasil temuan pada penelitian ini adalah (1) model PjBL berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan keterampilan komunikasi siswa Kelas 4 SDN Karang Melok 1 dengan thitung lebih besar dari pada ttabel yakni nilai 6,549>1,684 yang berarti Ha diterima, (2) model PjBL berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan keterampilan komunikasi siswa Kelas 4 SDN Karang Melok 1 dengan thitung lebih besar dari pada ttabel yakni nilai 7,482>1,684 yang berarti Ha diterima.


Keywords


project-based learning, komunikasi, kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Bappenas. Bonus Demografi 2030-2040 : Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Siaran Pers. 2017
Bell, Stephanie. Project Based Learning For The 21st Century Skills For The Future. The Clearing House. 83. 2010
Bishop, Joseph. “Partnership for 21st Century Skills (P21)”, https://www.imls.gov/assets/1/AssetManager/Bishop%20Pre-Con%202.pdf. diakses tanggal 24 Juli 2019.
Kemendikbud. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Kemendikbud. 2013
Maudi, Nadea. Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 1 (1). 2016
Meilinawati. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. 2018
Mu’in, Abdul dkk. Pembelajaran Dengan Pendekatan Project Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA. Tesis Universitas Tanjungpura. 2016
Saenab, Sitti. PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran PjBL Dalam Melejitkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Makasar. 2017
Tinenti, Yanti Rosinda. Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta : Deepublish. 2018
Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif : Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc. 2009
Zubaidah, Siti. Mengenal 4C : Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Trunojoyo Madura : Seminar 2nd Science Education National Conference. 2018




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v10i2.8789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Evi Maulidah

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia