Paradigma dokter ulul albab, sebuah pendekatan integratif dalam pendidikan kedokteran modern

Nurlaili Susanti

Abstract


Sejarah mencatat bahwa ilmu kedokteran berkembang sangat pesat pada masa kejayaan Islam. Tokoh-tokoh dokter muslim menjadi pakar dalam berbagai ilmu pengetahuan termasuk ilmu kedokteran dan karya-karyanya menjadi rujukan pengobatan di berbagai belahan dunia. Capaian tersebut menjadi bukti bahwa integrasi keilmuan dengan nilai keislaman telah menghantarkan pada peradaban Islam yang tinggi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang bercita-cita melahirkan sosok ilmuwan besar seperti Ibnu Sina seiring dengan idealisme dan filosofi pengembangan keilmuan Universitas. Oleh karena itu, dikembangkanlah paradigma dokter ulul albab sebagai karakteristik yang tercermin pada lulusannya. Ulasan ini disusun berdasarkan pada kajian literatur dan pemikiran mendalam yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai karakteristik dan metodologi dokter ulul albab. Karakteristik dokter ulul albab tercermin dalam empat pilar yaitu kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional. Metodologi pembelajarannya digambarkan sebagai metafora pohon ilmu dimana akar, batang, ranting, daun dan buah menggambarkan pendekatan integratif dalam proses pembelajaran yang tercermin dalam kurikulum.

Full Text:

PDF

References


1. Lubis CP. Sejarah Ilmu Kedokteran. In: Disertasi. Universitas Sumatera Utara; 2008. p. 1–14.
2. Saepudin D. Kedokteran Dalam Sejarah Islam [Internet]. Vol. 12, Buletin Al-Turas. 2006. p. 154–62. Available from: http://www.slideshare.net/AbdulMughni/kedokteran-dalam-sejarah-islam
3. Maryam. Perkembangan Kedokteran dalam Islam. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam. 2022;2(1):98–109.
4. Basid A. Ulul albab sebagai sosok dan karakter saintis yang paripurna. Pros Semin Nas Fis dan Pendidik Fis. 2012;1:281–91.
5. Wahyuni F. Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Upaya Mengurai Dikotomi Ilmu Pengetahuan dalam Islam). Qalamuna. 2018;10(2):1–12.
6. Herawati A. Kontekstualisasi konsep. Fikr J Ilmu Aqidah dan Stud Keagamaan. 2015;3(1):123–40.
7. Mahmuda I. Konsep Ulul Albab dalam Kajian Tafsir Tematik. Qolamuna. 2018;3(2):219–34.
8. Rifai A. Konsep Ulu Al-Albab dalam Al-Quran dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2020.
9. Nasir SM. ULUL ALBAB DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK). Aqlam Jorunal Islam Plur. 2021;6(2):170–85.
10. Tim Penyusun Kurikulum. Falsafah Pendidikan Ulul albab, Standar Kompetensi Lulusan dan Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI dan SNPT UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maliki Press; 2022. 1–110 p.
11. Suprayogo I. Paradigma Pengembangan Keilmuan di perguruan tinggi: Konsep Pendidikan Tinggi yang dikembangkan UIN Malang. UIN Malang Press; 2005.
12. Sholeh K. Tarbiyah Ulul Albab, Peneguhan Jatidiri, Membangun Peradaban Islam. UIN Maliki Press; 2008.
13. Tim penyusun. Buku Pedoman Integrasi Islam dan Sains Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. 2021. 1–61 p.
14. Widyarto D. MKEK IDI paparkan tantangan etika kedokteran dari kemajuan teknologi [Internet]. ANTARA kantor berita Indonesia. 2024 [cited 2024 Nov 26]. p. 1–6. Available from: https://www.antaranews.com/berita/4471085/mkek-idi-paparkan-tantangan-etika-kedokteran-dari-kemajuan-teknologi
15. Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. 11 2012 p. 1–84.




DOI: https://doi.org/10.18860/jim.v8i2.32211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

Faculty of Medical and Health Sciences,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Gedung Ibnu Thufail Lt.1, Jln. Locari, Desa Tlekung, Kota Batu
Phone (+62) 85746163772, (+62) 8563588384, Faximile (+62) 341 558933
e-mail: medicaljournal@uin-malang.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.