Hubungan Konsep Diri Akademik dan Self Regulated Learning dengan Stres Akademik Santri dalam Mengikuti Pembelajaran Daring

Dina Lutfiana, Ermita Zakiyah

Abstract


Stres akademik merupakan hal yang wajar dirasakan pelajar bahkan santri yang juga menempuh pendidikan formal dan di pondok pesantren. Santri dituntut untuk mampu menyelesaikan tugas di sekolah dengan tetap mematuhi peraturan di pondok pesantren yakni pembatasan penggunaan HP. Santri diharapkan mampu meregulasi diri dalam belajar dengan baik yang disesuaikan dengan konsep diri masing-masing khusunya sebagai remaja agar tidak sampai mengalami stres akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian yaitu santri pondok pesantren Sholahul Huda yang mengikuti pembelajaran daring dengan jumlah sampel 103 subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri dalam mengikuti pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif antara variabel konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik santri (r = 0,570; p > 0,05). Kontribusi konsep diri akademik dan self regulated learning dengan stres akademik sebesar 32,5 %, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). Self-Regulated Learning Concept: Student Learning Progress. Prosiding Seminar Nasional, 333–342.

Anggreani, N. (2018). Hubungan Stres Akademik Dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial Studi pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo, 330–339.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.

Bariyyah, K. (2013). Menurunkan Tingkat Stres Akademik Siswa dengan Teknik Cognitive-Behavioral Stres Management. Proseding Kongres XII, Konvensi XVIII Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia Dan Seminar Internasiol Konseling.

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5, 143–148.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan antara Self Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4, 1125–1133.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Fabrianto, F. (2020). Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi. Minangkabaunews.Com. https://minangkabaunews.com/artikel-29108-pendidikan-indonesia-di-tengah-pandemi.html

Harsono, F. H. (2020). Survei KPAI: Belajar di Rumah Selama COVID-19 Bikin Anak Stres dan Lelah. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/health/read/4251622/survei-kpai-belajar-di-rumah-selama-covid-19-bikin-anak-stres-dan-lelah

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8, 299–306.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Erlangga.

Jaleel, S. (2016). A Study on the Metacognitive Awareness of Secondary School Students. Universal Journal of Educational Research, 4, 165–172.

Khafiya, H. N. (2018). Konsep Diri Akademik Pada Siswa MTS (Studi Pada Siswa yang Berasal dari SD Umum). Universitas Muhammadiyah Malang.

Marsh, H. W., Smith, I. D., & Bames, J. (1985). Multidimensional self-concept with sex and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 4, 646–656.

Martini, H. (2012). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Universitas Sanata Dharma.

Mashabi, S. (2020). pakar Epidemologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan bahwa virus Corona sudah menyebar sejak awal Januari. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/13/20140941/pakar-epidemiologi-prediksi-penularan-covid-19-di-indonesia-terjadi-sejak?page=all

Nuraini, Q. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Full Day School SMPIT Insan Permata Malang. Universiatas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Priskila, V., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri X Tulungagung dengan Sistem Full Day School. Jurnal Penelitian Psikologi, 06(1–7).

Pudjijogyanti, C. R. (1993). Konsep Diri dalam Pendidikan. Arcan.

Rahayu, D. S. (2018). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Unika Widya Mandala Madiun Tahun Akademik 2015-2016. Media Prestasi, 18, 202–217.

Rahmawati, D. D. (2012). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan. Universitas Sumatra Utara.

Selye, H. (2001). The Stress of Life. Mc. Graw.

Solikhin, Luawo, M. I. R., & Djunaedi. (2016). Konsep Diri Akademik Peserta Didik Jenjang Menengah Pertama Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Survei di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Kampung Makasar). Jurnal Bimbingan Konseling, 100–107.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 2, 7.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Ulum, M. (2016). Pengembangan dan Validasi Tes Pilihan Ganda Berbasis Penalaran untuk Mengukur Penguasaan Materi Pada Topik Termokimia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Vania, N. R., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management dalam Rangka Pengelolaan Stres Akademik Peserta Didik Kelas VIII SMP. Fokus, 2, 102–116.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81, 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats