Tema-Tema Psikologi Dalam Kitab Alala Tanalul `Ilma Melalui Metode Maudhu`i
Abstract
Tema-Tema Psikologi Dalam Kitab Alala Tanalul `Ilma
Melalui Metode Maudhu`i
Psychological Themes in the Alala Tanalul `Ilma Book
with Maudhu`i Method
Iqbal Ali Wafa1, Iin Tri Rahayu2, Yulia Sholichatun3, Bahrun Amiq4
Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Abstrak
Kitab Alala Tanalul`Ilma selaku mata pelajaran awal yang diberikan di pesantren-pesantren baik salaf ataupun pesantren modern untuk menumbuhkan kepribadian santri ataupun karakter santri melalui proses belajar mengajar. Dapat diketahui bersama bahwa, kitab Alala Tanalul`Ilma memiliki nilai–nilai pembelajaran, tidak hanya itu ada pula tema-tema psikologi didalamkitab tersebut. Riset ini bertujuan buat mengidentifikasi tema-tema psikologi yang terkandung dalam kitab Alala Tanalul`Ilma, sebab belum banyak ditemukan riset-riset yang meneliti mengenai tema-tema psikologi dalam kitab Tanalul`Ilma. Ada kesempatan buat meningkatkan riset buat memperoleh tema- tema psikologi dalam tersebut. Riset ini bertujuan untuk menganalisa tema-tema psikologi yang ada dalam kandungan Kitab Alala Tanalul `Ilma yang disusun oleh Syekh Burhanudin Al Islam Al Zarnuji dalam 37 bait. Prosedur riset dengan pendekatan tematik ataupun Mawdhu`i dipilih guna memperoleh hasil riset. Dimulai dengan memilah topik bahasan, setelah itu menghimpun bait yang masih terpaut serta menambahkan beberapa referensi tambahan sebagai penjelas jika diperlukan, mengkorelasikan bait antar bait yang mempunyai bahasan yang memiliki kesamaan tema, menyusun kerangka konseptualyang sesuai dengan tema-tema yang sama secara sistematis serta meningkatkan sebagian penjelasan yang diperlukan. Hasil riset menemukan ada 14 tema-tema psikologi yang ada pada Kitab tersebu. Secara garis besar, tema-tema psikologi tersebut adalah: belajar, intelegensi/ kecerdasan, motivasi/dorongan, kontrol diri, teori kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, role model, nurture serta nature, kebutuhan untuk mendapatkan prestasi, proses kognitif, modeling atau proses meniru, kepribadian menurut Freud (id, ego serta superego), bawah teori tabula rasa, pola asuh serta kemandirian.
Kata kunci: Alala Tanalul `Ilma, Maudhu`i, Variabel Psikologi
Abstract
The book of Alala Tanalul `Ilma as a basic subject in Islamic boarding schools both salaf and modern is applied to shape the character or personality of students in the teaching and learning process. Studying through translation, the book Alala Tanalul `Ilma contains not only educational values, but also psychological values . This study aims to analyze the psychological themes contained in Nadzom Alala Tanalul `Ilma written by Sheikh Burhanudin Al-Islam Al-Zarnuji with a total of 37 stanzas. The research method with the thematic approach or Mawdhu`i was chosen to obtain research results. Beginning with selecting a topic of discussion, then collecting related stanzas and adding the necessary information, correlating stanzas that have the same discussion, compiling a conceptual framework according to the same themes systematically and adding some required information. The results of the study found fourteen psychological themes obtained from 37 verses of the Alala Tanalul `Ilma book.
The themes are: learning, intelligence, motivation in lerning process, self-control in learning, basic human needs, role model, nurture and nature, achievement needs, cognitive process, modeling or imitation process, Freud's personality (id, ego and superego), basic tabula rasa theory, parenting and independence.
Keywords: Alala Tanalul `Ilma, Maudhu`i, Psychological Variables
Full Text:
PDFReferences
Al-Farmawi, A. H. (1977). Muqaddimah fi Al Tafsir Al Maudlu’i. In Kairo: Al Hadharah Al Arabiyah.
Al-Munawwir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap.
Al-Zarnuji, S. (2011). Ta’lim Al- Muta’allim. Nurul Huda.
Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. Malang: UMM. UMM Press.
An`im, A. (2015). Terjemah Nadzom Alala. Mu`jizat.
Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., & Hilgard, E. R. (1983). Pengantar psikologi : Edisi Kedelapan. Erlangga.
Baharuddin, W. E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Boere, S. G. (2013). General Psychology. Presmasophie.
Burhanuddin al Islam al Zarnuji. (n.d.). Kitab - Alala Pegon Jawa.pdf.
Busthomy, A., & Muhid, A. (2020). Method of Learning Perspective of Alala Tanalul ’Ilma By Imam Al-Zarnuji. Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 146–163. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i1.6237
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. … : Journal of Islamic Elementary …. http://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/premiere/article/view/84
Dayakisni, H. (2006). Psikologi Sosial. UMM Press.
Djamarah, S. . (2011). Psikologi Belajar : Edisi Revisi. PT Rineka Cipta.
Faturochman. (2006). Pengantar Psikologi Sosial. Pinus.
Feldman, R. S. (2012). Pengantar Psikologi. Penerbit Salemba Humanika.
Haryu, I. (2012). Psikologi Pendidikan. Pustaka Belajar.
Hidayat, R. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji). Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan. http://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfuad/article/view/1692
Huda, I. N., & Usman, H. (2020). Overview of the Al-Munawwir Komplek L Islamic Boarding School Curriculum in Shaping the Nation’S Character. European Journal of Education Studies, 148–165. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i8.3194
Ismail, I., & Ibrahim, S. (2006). Syarah Ta’limul Muta’allim. Al-Haromain Jaya Indonesia.
Kholik, A., & Mahrudin, A. (2017). Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Jurnal Sosial Humaniora. http://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/442
King, L. A. (2010). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif. Salemba Humanika.
Maria, I., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan gadget pada masa pandemi covid-19 terhadap perilaku anak. In Aṭfāluna: Journal of Islamic Early …. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/vcbwjsfuofcpxn2tjeiatmkrfi/access/wayback/https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/download/1966/1208
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo.
Mulyasana, D. (2019). Konsep Etika Belajar dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik. riset-iaid.net. https://riset-iaid.net/index.php/tajdid/article/view/319
Murtaufiq, S. (2019). Model Implementasi Pembelajaran Kitab Alala Di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(2), 169–181. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/393
Omrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan edisi keenam. Penerbit Erlangga.
Qomariyah, S. L., & Ratnasari, K. I. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Kitab Alala Di Desa Mlokorejo. Journal of Education Counseling, 01(01), 52–68.
Sadirman. (1986). Psikologi Pendidikan. Perc Studing.
Sardiman, A. . (2007). Sardiman, A.M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Rajawali Press.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryadi, R. A. (2012). Motivasi Belajar Perspektif Pendidikan Islam Klasik: Studi atas Pemikiran al-Jarnuji. In Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. jurnal.upi.edu. http://jurnal.upi.edu/file/4_Motivasi_Belajar.pdf
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE (Journal of Sport Science and …. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/9654
Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukuran : Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wirianto, D. (2013). Konsep Pedagogik Al-Zarnuji. In Islamic Studies Journal. academia.edu. https://www.academia.edu/download/54939744/Konsep_Pedagogik_Az-Zarnuji.pdf
DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v1i01.14932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
------------------------------------------------------------------------------------------
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats