Teknik merawat kualitas diri pada dewasa awal: Belajar dari pengalaman

Nouval Agum Ramadhan, Nuril Imam Al-Rasyid, Ervina Levi Astutik, Muna Minatul Izza

Abstract


Kualitas diri selalu berkembang seiring dengan perubahan sosial yang cepat. Terlepas dari perubahan sosial yang kompleks, belajar dari pengalaman tetap menjadi tantangan dan perhatian penting untuk pertumbuhan kualitas diri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah empat orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang sedang menempuh pendidikan S1 Psikologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas diri didukung oleh kemauan belajar dari pengalaman yang meliputi 1) peristiwa yang dilalui, 2) pelajaran dari lingkungan, dan 3) juga pelajaran dari pengalaman. Berdasarkan ketiga hal tersebut, berdampak pada perubahan kepribadian dan karakter serta perkembangan kognitif dan pola pikir. Peran lembaga pendidikan dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial dan kognisi individu. Peran orang tua juga mempengaruhi pembentukan kepribadian seorang anak

KATA KUNCI:

perawatan diri; dewasa awal; teknik; pengalaman; belajar dari pengalaman

 

ABSTRAK

Kualitas diri selalu berkembang seiring perubahan sosial yang cepat. Belajar dari pengalaman tetap menjadi tantangan dan perhatian penting bagi pertumbuhan kualitas diri di tengah perubahan sosial yang kompleks. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini empat mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang sedang menempuh pendidikan S1 Psikologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil dari studi menujukkan kualitas diri didukung oleh kemauan belajar dari pengalaman yang mencakup dari 1) peristiwa yang dilalui, 2) pelajaran dari lingkungan, dan 3) juga pelajaran yang di ambil dari pengalaman. Berdasarkan ketiga hal tersebut membawa dampak perubahan kepribadian dan karakter serta perkembangan kognitif dan pola pikir. Peran lembaga pendidikan dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap sosial interaktif dan kognitif individu. Peran orang tua juga berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak.

 

Hak Cipta ©2022. Para Penulis. Diterbitkan oleh Jurnal Ilmu Psikologi Indonesia. Ini adalah artikel akses terbuka di bawah CC BY NO SA. Tautan: Creative Commons — Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional — CC BY-NC-SA 4.0  

 


Full Text:

PDF

References


Anam, M. S., & Wasis D. Dwiyogo. (2021). Teori Belajar behavioristik dan implikasi dalam pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2. https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/teori_belajar_behavioristik_dan_implikas.pdf

Bíl, M., Heigl, F., Janoška, Z., Vercayie, D., & Perkins, S. E. (2020). Benefits and challenges of collaborating with volunteers: Examples from National Wildlife Roadkill Reporting Systems in Europe. Journal for Nature Conservation, 54(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798

Binmuslim, N. (2019). Belajar dan pembelajaran tujuan belajar dan pembelajaran (C. V Kaaffah (ed.); Vol. 09, Issue 02). Learning Center. https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN1-convertedpdf/

Boer, D., & Fischer, R. (2013). How and when do personal values guide our attitudes and sociality? Explaining cross-cultural variability in attitude-value linkages. Psychological Bulletin, 139(5), 1113–1147. https://doi.org/10.1037/a0031347

Elizabet, H. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2 (p. 289).

Haolah, S., Atus, A., & Irmayanti, R. (2018). Pentingnya kualitas pribadi konselor dalam pelaksanaan konseling individual. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(6), 215. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i6.2962

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Soedjarwo, & Sijabat, R. M. (2002). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Penerbit Erlangga.

Isman, M. S. (2019). Peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak di Desa Banti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano (p. 466).

Khanifa, F. R. (2011). Dengan Sistem Pembelajaran Portofolio Pada Siswa Kelas Vii 5 Smp Negeri 1 Wiradesa.

Khasanah, R., Navilatun. N, A., & Wahyudi, A. (2019). Periodesasi perkembangan dewasa akhir. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mahesti Partiwi. (2019). Perilaku dan Proses Mental.

Moudjahid, A., & Abdarrazak, B. (2019). Psychology of quality of life and its relation to psychology. International Journal of Inspiration & Resilience Economy, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.5923/j.ijire.20190302.04

Nailaufar, U., & Kristiana, I. F. (2017). Pengalaman menjalani kehidupan berkeluarga bagi individu yang menikah di usia remaja ( Sebuah Studi Fenomenologi Deskriptif ). Jurnal Empati, 7(Nomor 3), 233–244.

Nurhazlina Mohd. Ariffin, M. J. S. R. K. (2021). Perkembangan usia dewasa : Tugas dan hambatan pada korban konflik pasca damai. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 114. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10430

Pertiwi. (2018). Hubungan penggunaan gadget terhadap kesehatan. Inegritas Penggunaan Gadget, 1–260. http://repository.radenintan.ac.id/10934/

Putri, A. F. (2018). Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35. https://doi.org/10.23916/08430011

Rohim, A. (2021). Contoh aplikasi teori Behaviorisme. In Http://Durrohiem.Blogs.Uny.Ac.Id/. Http://Durrohiem.Blogs.Uny.Ac.Id/.

Salim, F., Ajang, L., & Lestari, A. (2016). Ubah perilaku dengan pendekatan teori pembelajaran behaviouristik. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 1–6.

Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam perspektif psikologi dan Islam. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.53976/jmi.v1i2.191

Shalom, H. (2017). Personal values in human life Personal values in human life Lilach Sagiv , The Hebrew University of Jerusalem Sonia Roccas , The Open University of Israel Jan Cieciuch , University of Zurich and Cardinal Stefan Wyszyński University in Warsaw and Shalom H . (e first and second authors, by grants from), 630–639.

Sri, H. (2011). Pengaruh Pengalaman belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI di Sekolah Mengengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. In Journal of Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru (Issue July, pp. 1–94).

Surawan. (2020). Dinamika dalam Belajar (Kajian dalam Psikologi Pendidikan) (p. 194). http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2619/1/Dinamika dalam Belajar.pdf

Yohanes, N. dan I. (2015). Jurnal psikologi pendidikan dan konseling. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84–92. http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/1537/604




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.19223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

   

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats