Kontrol diri pada perilaku konsumtif remaja yang menggunakan fitur Shopee Pay Later
Abstract
This study aims to explain the effect of self-control on the consumptive behaviour of teenagers who use the Spaylater feature. This study uses a quantitative research design. The population in this study are teenagers who use the Spaylater feature and are not known with certainty (infinite population). The sample taken amounted to 140 teenage respondents who used the Spaylater feature. This sampling technique uses an accidental sampling technique. Based on the results of hypothesis testing, self-control has a significant effect on consumptive behaviour. This study shows the self-control variable's coefficient of determination for adolescent Spaylater users' consumptive behaviour. These results indicate that self-control has an influence of 47% on the consumptive behaviour of adolescent Spaylater users. In contrast, other factors not mentioned in this study influence the rest
KEY WORDS:
self-control; consumptive behavior; adolescent; shopee pay
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif remaja yang menggunakan fitur Spaylater. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang menggunakan fitur Spaylater dan tidak diketahui secara pasti (populasi infinite). Sampel yang diambil berjumlah 140 responden remaja yang menggunakan fitur Spaylater. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis, kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan koefisien determinan variabel kontrol diri (R-Square) untuk perilaku konsumtif remaja pengguna Spaylater. Hasil ini menunjukan bahwa kontrol diri memiliki pengaruh sebesar 47% terhadap perilaku konsumtif remaja pengguna Spaylater, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
KATA KUNCI
kontrol diri; perilaku konsumtif; remaja: shopee pay
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, T. (2006). Ilmu sosial dan tantangan zaman. Raja Grafindo Persada.
Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1). https://doi.org/https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1461/1330
Antonides, G & Ranyard, R. (2017). Mental acounting and economic behaviour. Economic Psychology, First Edition. https://doi.org/10.1002/9781118926352.ch8
Barkin, J. S. (2006). International organization: Theories and institutions. Palgrave Macmillan.
Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Raza, S. M., & Bilal, M. (2020). E- commerce trends during COVID-19 pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 5.
Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi angkatan 2011. In Jurnal e-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7124
Chrisnawati, D., & Abdullah, S. M. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja terhadap pakaian (Studi kasus pada remaja berstatus sosial ekonomi rendah). Jurnal Spirits, 2(1), 1–144. https://docplayer.info/61846845-Faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumtif-remaja-terhadap-pakaian-studi-kasus-pada-remaja-berstatus-sosial-ekonomi-rendah.html
Dikria, O., & Mintarti, S. U. (2016). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2). http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7161/3187#
Durandt, D. C., (2021). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pakaian pada remaja akhir. Universitas Satya Wacana Salatiga Institutional Repository. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/22590
Antonides, G & Ranyard, R. (2017). Mental acounting and economic behaviour. Economic Psychology, First Edition. https://doi.org/10.1002/9781118926352.ch8
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gosling, S. D., & Mason, W. (2014). Internet research in psychology. Annual Review of Phychology, 66, 877-902. https://doi.org/https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010814-015321
Jayani, D. H. (2019, September 3). Shopee jadi e-commerce paling top dari masa ke masa [Data Set). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/03/shopee-jadi-e-commerce-paling-top-dari-masa-ke-masa
Juju, D., & Studio, M. M. (2010). Cara mudah buka toko online dengan wordpress + WP E-Commerce. Penerbit ANDI.
Loekamto, A. (2012). Implementasi technology acceptance model (tam) dalam online shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(3), 1–5.
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p1-7
Mehta, S., Saxena, T., & Purohit, N. (2020). The new consumer behaviour paradigm amid COVID-19: Permanent or transient?. Jurnal of Health Management. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1177/0972063420940834
Meiranti, L. (2016). Pengaruh online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif dengan perspektif gender. In Studi Pustaka. IPB. http://kpm.ipb.ac.id/karyailmiah/index.php/studipustaka/article/view/2887
Rosandi, A. F. (2004). Perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa pria dan wanita di universitas katolik atma jaya. UK Atma Jaya Press.
Setyowati, R. (2012). Prospek belanja “online.” https://megapolitan.kompas.com/read/2012/10/05/02371027/prospek-belanja-quotonlinequot
Sihotang, A. (2009). Hubungan antara konformitas terhadap kelompok teman sebaya dengan pembelian impulsif pada remaja. Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/11128/1/ringkasan_final.pdf
Sitorus, R. J. (2013). Dampak penggunaan blackberry messenger terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMK Negeri 1 Samarinda dalam berbelanja online. EJournal Ilmu Komunikasi, 1(4), 28–37. https://www.ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/ejournal_rezki julia (11-01-13-07-05-07).pdf
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukari, Larasati, T. A., Mudjijono, & Susilantini, A. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. BPNB.
Zwanka, R. C., & Buff, C. (2021). COVID-19 generation : A conceptual framework of the consumer behavioral shifts to be caused by the COVID-19 pandemic. Journal of InternationaL Consumer Meeting, 33(1), 58–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/08961530.2020.1771646
DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.21070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
------------------------------------------------------------------------------------------
Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats