Kontrol diri pada perilaku konsumtif remaja yang menggunakan fitur Shopee Pay Later

Robeth Fuadi, Dellawaty Supraba

Abstract


This study aims to explain the effect of self-control on the consumptive behaviour of teenagers who use the Spaylater feature. This study uses a quantitative research design. The population in this study are teenagers who use the Spaylater feature and are not known with certainty (infinite population). The sample taken amounted to 140 teenage respondents who used the Spaylater feature. This sampling technique uses an accidental sampling technique. Based on the results of hypothesis testing, self-control has a significant effect on consumptive behaviour. This study shows the self-control variable's coefficient of determination for adolescent Spaylater users' consumptive behaviour. These results indicate that self-control has an influence of 47% on the consumptive behaviour of adolescent Spaylater users. In contrast, other factors not mentioned in this study influence the rest

KEY WORDS:

self-control; consumptive behavior; adolescent; shopee pay

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif remaja yang menggunakan fitur Spaylater. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang menggunakan fitur Spaylater dan tidak diketahui secara pasti (populasi infinite). Sampel yang diambil berjumlah 140 responden remaja yang menggunakan fitur Spaylater. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis, kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan koefisien determinan variabel kontrol diri (R-Square) untuk perilaku konsumtif remaja pengguna Spaylater. Hasil ini menunjukan bahwa kontrol diri memiliki pengaruh sebesar 47% terhadap perilaku konsumtif remaja pengguna Spaylater, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

KATA KUNCI

kontrol diri; perilaku konsumtif; remaja: shopee pay



Copyright ©2023. The Authors. Published by Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS). This is an open access article under the CC BY NO SA. link: Creative Commons — Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International — CC BY-NC-SA 4.0

Full Text:

PDF

References


Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Raza, S. M., & Bilal, M. (2020). E- commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13(2), 5.

Chita, R. C. M., David, L, & Pali, C. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik (EBM). 3(1).

Fitriana, N & Koentjoro. (2009). keranjingan berbelanja pada wanitabekerja., Vol. 7, 48-57.

Ghufron, M. Nur & Risnawati, RS. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Gumulya, J, Widiastuti, M. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa universitas esa unggul. Jurnal Psikologi,11(1), 50-65.

Hurlock, EB. (2006). Adolence developmment (4 th ed). Tokyo : MC Graw-Hill Kogokusha Ltd.

Lina & Rosyid, H.F.(1997). Perilaku konsumtif berdasar locus of control pada remaja putra. Jurnal Psikologika, Vol 4, 24-28.

Loekamto, A. (2012). implementasi technology acceptance Model (TAM) dalam online shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen Vol 1 No 3.

Mahdalena. (1998). Peran inensitas interaksi dengan temuan di lingkungan pergaulan sekolah terhadap sikap konsumtif. Jurnal Psikologika, Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Meiranti, Lici (2021). Pengaruh online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif dengan perspektif gender. Skripsi: IPB.

Mowen. 1995. Perilaku konsumen dan perilaku pemasaran. Jakarta : Karangan Sutisna.

Rosandi, Andika Filona. (2004). Perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa pria dan wanita di Universitas Katolik Atma Jaya. Skripsi. Jakarta: UK Atma Jaya Press

Setyowati, Retno. (2012). Prospek belanja online. (online), (http://tekno.kompas.com/read/2012/10/5/02371027/prospek. belanja.quotonlinequot. diakses tanggal 11 Juli 2022).




DOI: https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.21070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

  

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------

 

Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS) by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats