Development of a Field Laboratory to Social Science Education Pre-Service Teacher
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afida, R. M., Basuki, A., & Hakkun, R. Y. (2014). 3D Virtual Tour Situs Sejarah Candi Jago Kabupaten Malang Berbasis Android. Jurnal Informatika dan Komputer PENS, 1(1), 1–8.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.
Astina, I. K., Sapto, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengembangan Laboratorium Lapangan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang di Lereng Gunung Kelud Kabupaten Blitar. Prosiding Seminar Nasional, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, 227–233.
Citra, I. P. A., & Sarmita, I. M. (2016). Identifikasi Potensi Wilayah Desa Sangsit Sebagai Laboratorium Lapangan Geografi Untuk Menunjang Mata Kuliah Kerja Lapangan. Media Komunikasi Geografi, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/mkg.v17i2.9030
Darsono, & Achmad, W. K. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 kompetensi Profesional mata Pelajaran: Guru Kelas SD, Unit IV: Ilmu Pengetahuan Sosial. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Dick, W., & Carey, L. (2001). The Systematic Design of Intruction. Scott Foresman and Company.
Faqih, Fachrudin, Tjahjono, N., & Fanani, M. I. (2018). Profil Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo—Kabupaten Malang. Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang.
Friady, H. (2018). Mengoptimalkan Peran Laboratorium Terpadu Unsyiah. Warta Unsyiah, 222.
Haliim, W. (2018). Dinamika Implementasi Kebijakan Konservasi Lahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jurnal Borneo Administrator, 14(1), 53–68. https://doi.org/10.24258/jba.v14i1.327
Hartono, U. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Geografi Berbasis Laboratorium Di SMA Negeri 7 Purworejo. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hayat, M. (2017). Makna Pembangunan Desa Wisata Gubugklakah Oleh Masyarakat (Studi Di Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang) (pp. 1–12) [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Hendratno, A. (2005). Kajian Eko-Geologi Kaldera Bromo Tengger Sebagai Sumberdaya Geowisata Dan Geological Site Heritage. Proceedings Joint Convention Surabaya 2005, 629–640.
Hissoh, K. (2016). Pasar Giwangan Sebagai Outdoor Learning Mata Pelajaran IPS Di MIN Yogyakarta II. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1), 29–40.
Kartika, D. (2020). Gubugklakah, Desa Wisata dengan Segudang Daya Tarik di Poncokusumo-Malang. /gubugklakah-desa-wisata-dengan-segudang-daya-tarik-di-poncokusumo-malang/
Kenna, J. (2019). The Status of Field Trips Among Secondary Social Studies Teachers in Florida. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 1–16.
Kholil, A. Y., & Khoirunnisa, N. (2018). Strategi Pengembangan Desa Wisata Gubugklakah. OPTIMA, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.33366/opt.v2i1.899
Kristian, Y. (2016). Visualization the Values of the Nation’s Character in Relief Kidal Temple (p. 14) [Skripsi]. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
LPM UIN Malang. (2017). Pedoman Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mubarok, F. (2019). Cerita Adat Ngadas dari Kematian, Kerukunan hingga Pandangan Lingkungan. Mongabay Environmental News. https://www.mongabay.co.id/2019/08/09/cerita-adat-ngadas-dari-kematian-kerukunan-hingga-pandangan-lingkungan/
Munandar, A. A. (2004). Karya Sastra Jawa Kuno Yang Diabadikan Pada Relief Candi-Candi Abad Ke-13—15 M. MAKARA, SOSIAL HUMANIORA, 8(2), 54–60.
Nafi’ah, U., Utami, I. W. P., Sulistyo, W. D., Andrias, R., & Mahmud, J. A. (2018). Perancangan Motif Batik Dengan Inspirasi Relief Ornamentasi Candi Kidal Sebagai Pengembangan Corak Batik Desa Kidal. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 110–116.
Nurhadi, N., Yasin, B., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. UM Press.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2014a). Candi Jago (Jawa Timur)—Kepustakaan Candi. https://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_timur-candi_jago
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2014b). Candi Kidal (Jawa Timur)—Kepustakaan Candi. https://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_timur-candi_kidal
Primadia, A. (2018a). Sejarah Candi Jago Malang Lengkap Beserta Penjelasannya. Sejarah Lengkap. https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-candi-jago
Primadia, A. (2018b). Sejarah Candi Kidal di Malang Lengkap dengan Arsitektur. Sejarah Lengkap. https://sejarahlengkap.com/agama/hindu/sejarah-candi-kidal
Purwanto, K. (2005). Candi Jago Dan Cerita Kunjarakarna Dalam Konteks Masa Kini (p. 60) [Research]. Universitas Muhammadiyah Malang.
Ratnawati, N., Sukamto, S., Ruja, I. N., & Wahyuningtyas, N. (2017). Pengembangan Buku Pedoman Lab Alam Fakultas Ilmu Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p061
Rosyidi, M. I. (2018). The Challenges of Developing Tourism Events in Bromo Tengger Semeru National Park. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 6(3), 159–166. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2018.006.03.02
Soebroto, R. B. G. (2012). Kajian Estetika Yang Beda Relief Candi Jawa Timur. Jurnal Arsitektur Universitas Bandar Lampung, 2(2), 14–27.
Sukma, A. (2017). Sehari Menggali Potensi Desa Wisata Gubugklakah Malang. Lagilibur.Com. https://www.lagilibur.com/2017/04/desa-wisata-gubugklakah-malang.html
Sumaatmadja, N. (1996). Pengantar Studi Sosial. Alumni.
Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Trilaksono, E. P. (2015). Eksplorasi Karakteristik Pembangunan Ekonomi Desa Melalui Unsur-Unsur Budaya Universal di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. JESP, 7(2), 73–77.
Utami, I. W. P., Jati, S. S. P., Sapto, A., Ayundasari, L., & Sayono, J. (2018). Relief Candi Kidal Sebagai Inspirasi Pengembangan Motif Batik Khas Desa Kidal Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 0(0), 30–39. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p30-39
Wahono, P., Karyadi, H., Suhartono, S., Prakoso, A., Prananta, R., & Lokaprasida, P. (2017). Prospek Ekonomi Pengembangan Potensi Lokal Dalam Mendukung Pengelolaan Wisata Di Wilayah Sekitar Gunung Bromo. Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan, 11(2), 195–216. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v11i2.19
Wikipedia. (2019). Candi Jago. In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Candi_Jago&oldid=16238051
Wikipedia. (2020a). Candi Kidal. In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Candi_Kidal&oldid=16589996
Wikipedia. (2020b). Ngadas, Poncokusumo, Malang. In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ngadas,_Poncokusumo,_Malang&oldid=17228742
Wikipedia. (2020c). Gunung Bromo. In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Gunung_Bromo&oldid=17445180
DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.15735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Abdul Bashith, Saiful Amin, Ramadhani Lausi Mkumbachi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: