Geoinformation Web Technology: Pengaruhnya Terhadap Disaster Awareness Siswa Sekolah Dasar di Sekitar Gunung Semeru
Abstract
Disaster awareness sangat penting dimiliki oleh siswa untuk mengurangi resiko bencana. Pada proses pembelajaran disaster awareness di sekolah pada umumnya masih belum optimal. Penelitian memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh geoinformation web technology terhadap disaster awareness siswa sekolah dasar di sekitar Gunung Semeru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment menggunakan desain pretest posttest one group. Subjek pada penelitian terdiri dari 36 siswa kelas lima SDN Sumberwuluh 2. Pemilihan lokasi penelitian didasari karena merupakan salah satu sekolah dasar yang terdampak langsung erupsi Gunung Semeru. Penentuan subjek dilakukan dengan simple random sampling technique sesuai saran guru di sekolah. Pengumpulan data menggunakan tes. Uji hipotesis penelitian dilakukan dengan Mann Whitney melalui nilai sig. 0,05. Uji hipotesis memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Menunjukkan adanya pengaruh geoinformation web technology terhadap disaster awareness yang didukung dengan perolehan nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Dapat disimpulkan bahwa geoinformation web technology berpengaruh terhadap disaster awareness siswa di sekolah dasar sekitar Gunung Semeru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2).
Bachri, S., Prastyo, A. E., Harsono, Y. T., Akbar, M. I., & Rahman, K. (2021). Emergency Medical Management for Education Innovative Applications in Dealing with Tsunami Disasters. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(8), 163–171. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i08.21577
Dwijayanti, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 15–22.
Hafida, S. H. N. (2018). Urgensi pendidikan kebencanaan bagi siswa sebagai upaya mewujudkan generasi tangguh bencana. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(2), 1–10. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/7374
Hafida, S. H. N. (2019). Urgensi pendidikan kebencanaan bagi siswa sebagai upaya mewujudkan generasi tangguh bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 1–10.
Hamid, N. (2020). Urgensi Pendidikan Kebencanaan Kepada Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 232–239. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3444
Hayudityas. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 151–156.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1). https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Johnson, V. A., Ronan, K. R., Johnston, D. M., & Peace, R. (2016). Improving the Impact and Implementation of Disaster Education: Programs for Children Through Theory-Based Evaluation. Risk Analysis, 36(11), 2120–2135. https://doi.org/10.1111/risa.12545
Juhadi, Hamid, N., Trihatmoko, E., Herlina, M., & Aroyandini, E. N. (2021). Developing a model for disaster education to improve students’ disaster mitigation literacy. Journal of Disaster Research, 16(8). https://doi.org/10.20965/jdr.2021.p1243
Karpagam, V., Padmavathe, R., Lakshana, R., & Priyadharshini, S. (2017). Performance Enhancement of Webpage Using Progressive Web App Features. Int. J. Innov. Res. Adv. Eng, 3(4), 2163–2349.
Khusna, N. I., Sumarmi, Bachri, S., Astina, I. K., Nurhayati, D. A. W., & Shresthai, R. P. (2022). New Technologies for Project-Based Empathy Learning in Merdeka Belajar (Freedom to Learn): The Use of inaRISK Application and Biopore Technology. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 94–110. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36153
Kurnia, R., & Fauzi, A. (2020). Knowledge analysis of students in disaster mitigation mount erupts. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012137
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Lee, E., & Lee, H. (2019). Disaster awareness and coping: Impact on stress, anxiety, and depression. Perspectives in Psychiatric Care, 55(2). https://doi.org/10.1111/ppc.12351
Mailizar, M., Johar, R., Safitri, Y., Sulastri, S., Fatimah, S., & Rohaizati, U. (2023). Using comics in teaching mathematics to improve junior high school students’ disaster awareness. Jamba: Journal of Disaster Risk Studies, 15(1). https://doi.org/10.4102/jamba.v15i1.1345
Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082
Mukti, Y. I., & Puspita, D. (2019). Web Based Disaster Early Warning System on Pagar Alam City. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 5. https://doi.org/10.28989/senatik.v5i0.302
Nouchi, R., Sato, S., & Imamura, F. (2015). Disaster education for elementary school students using disaster prevention pocket notebooks and quizzes. Journal of Disaster Research, 10(6), 1117–1125. https://doi.org/10.20965/jdr.2015.p1117
Nugroho, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran mitigasi bencana gunung meletus di sekolah dasar lereng gunung slamet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 131–137.
Prasetyo, W. (2019). Literature Review: Kesadaran Dan Kesiapan Dalam Manajemen Bencana. Jurnal Ners LENTERA, 7(2), 153–166.
Purfitasari, S., Masrukhi, Prihatin, T., & Mulyono, S. E. (2019). Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1).
Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2).
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Richard, S., & LePage, P. (2020). What are Progressive Web Apps? In Web Dev Google.
Sinha, A., Kumar, P., Rana, N. P., Islam, R., & Dwivedi, Y. K. (2019). Impact of internet of things (IoT) in disaster management: a task-technology fit perspective. Annals of Operations Research, 283(1–2), 759–794. https://doi.org/10.1007/s10479-017-2658-1
Tang, J. S., & Feng, J. Y. (2018). Residents’ disaster preparedness after the meinong taiwan earthquake: A test of protection motivation theory. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(7). https://doi.org/10.3390/ijerph15071434
Tjarco, K. (2019). Applicability of Progressive Web Apps in Mobile Development. June, 8–12.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
W. Nick Carter. (2014). Disaster Management A Disaster Manager’s Handbook. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Wibowo, B., Vebrianti, I., Pertiwi, N. R., Widiyatmoko, Y., & N. M. (2017). Disaster Mitigation Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 88. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.240
DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v11i1.24426
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Syamsul Bachri, A.Riyan Rahman Hakiki, Sumarmi Sumarmi, Listyo Yudha Irawan, Heni Masruroh, Tabita May Hidiyah, Egi Nursari Billah, Nanda Regita Putri, Mellinia Regina Prastiwi, Huang Zimo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398 Email: jpips@uin-malang.ac.id
J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: