JAMU TRADISIONAL PENINGKAT IMUNITAS DI MASA PANDEMI

Imam Azizuddin

Abstract


Dunia sudah satu tahun ini tengah mengalami musibah pandemi secara serentak dengan wabah virus yang dikenal dengan COVID 19 melanda mayoritas nergara-negara. Pandemi ini bermula sejak akhir bulan November tahun 2019 yang mula-mula berkembang di Negara Cina. Akibat dari proses penularan penyakit ini melalui drop plat perkembangannya sangat cepat dalam waktu singkat sudah menjalar ke berbagai negara. Indonesia juga tidak bisa mengindar dari penyebaran wabah virus tersebut sejak awal tahun 2020.

Pemerintah juga menganjurkan kepada masyarakat selalu menjaga kesahatan diri dengan selalui menjaga pola makan yang bergizi serta memberi asupan vitamin untuk menjaga imunitas tubuh tetap terjaga.

pembuatan dan pembagian jamu tradisional serta brosur cara pembuatan jamu. Kami membuat jamu dengan bahan jahe merah, kunyit, air, asam jawa dan gula merah. Bahan-bahan tersebut sangat mudah dicari di daerah Kelurahan Dompak sehingga kami menggunakan bahan tersebut untuk membuat jamu. Kunyit mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Beberapa manfaatnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengurangi rasa mual, mengatasi perut yang kembung, mengurangi nyeri saat haid, obat alergi, menangkal bakteri jahat, penawar racun, mengobati maag, menstabilkan kadar gula darah, meredakan peradangan usus, melawan infeksi, membantu menurunkan berat badan merawat hati dan masih banyak manfaat kunyit yang lainnya.

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan, Direktorat Pengawasan Obat Tradisional. 2000. Acuan Sedian Herbal. Departemen Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta.

Maulida Aminatun Shofiah. 2011 . Proses Pembuatan Jamu Serbuk Dari Rimpang Jahe di PJ. Bisma Sehat . Digilib UNS.

Muhlisah, Fauziah. 2000. Taman Obat Keluarga (TOGA). Jakarta: Penebar Swadaya.

Notoadmojo, S. 2007. Promosi Kesehatandan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan. 2007. Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pertanian.

Sepriani, R. (2018). PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI KELURAHAN BANDAR BUAT KECAMATAN LUBUK KILANGAN KOTA PADANG. JURNAL STAMINA, 1 (1), 279-288. https://doi.org/10.24036/jst.v1i1.104

sepriani, rika. (2019). Pelatihan Swamedikasi Dalam Rumah Tangga Di Kelurahan Tarantang. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 47-59. https://doi.org/10.24036/jba.v1i1.17

Santoso SO. 1992. Perspektif Pengembangan Obat Tradisional Di Indonesia Dalam Etik Penelitian Obat Tradisional. Jakarta.

Tukiman. 2004. Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Untuk Kesehatan Keluarga. Bagian Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. USU: Digital Library.

Wakidi. 2003. Pemasyarakatan Tanaman Obat Keluarga “TOGA” Untuk Mendukung Penggunaan Sendiri “ Self Medication ”. Medan: Bagian Farmasi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v2i2.11962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Imam Azizuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.