Enkripsi dan Dekripsi Pesan Menggunakan Metode Vigenere Cipher dan Route Cipher

Zulfatul Aufia, Turmudi Turmudi, Evawati Alisah

Abstract


Kriptografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara menjaga kerahasiaan pesan. Terdapat dua proses dalam kriptografi yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi yaitu merubah pesan asli (plainteks) menjadi pesan acak (cipherteks). Dekripsi merupakan proses merubah pesan acak menjadi pesan asli. Penelitian ini menggunakan metode super enkripsi yang mana merupakan gabungan dari dua metode yang terdiri dari metode subtitusi dan metode transposisi. Metode subtitusi yang digunakan adalah vigenere cipher dan metode transposisi yang digunakan adalah route cipher. Terdapat tiga variasi kunci dari metode vigenere cipher yaitu, full vigenere cipher, auto-key vigenere cipher dan running-key vigenere cipher. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses beserta hasil dari enkripsi dan dekripsi menggunakan super enkripsi dengan metode vigenere cipher dan route cipher. Adapun proses enkripsi adalah dengan mengenkripsi menggunakan metode vigenere cipher dan selanjutnya dienkripsi lagi menggunakan metode route cipher.  Metode vigenere cipher terdiri dari tiga variasi, sehingga setiap variasinya dienkripsi satu persatu yang kemudian dienkripsi lagi dengan metode route cipher. Adapun proses dekripsi adalah dengan mendekripsi menggunakan metode route cipher dan dilanjut dengan metode vigenere cipher. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkannya cipherteks pada proses enkripsi dan plainteks pada proses dekripsi yang menggunakan metode vigenere cipher dengan 3 variasi dan metode route cipher.


Keywords


kriptografi; super enkripsi; enkripsi; dekripsi; vigenere cipher; route cipher

Full Text:

PDF

References


H. Mukhtar, Kriptografi untuk Keamanan Data, Yogyakarta: Deepbublish, 2018.

A. Doni, Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori, Analisis dan Implementasi, Yogyakarta: CV: Andi Pffset, 2008.

T. T. Safei, "Pengukuran dan Pengujian Kekuatan Algoritma Auto-key Vigenere Cipher," Makalah IF3058, pp. 1-6, 2012.

A. Fauzi, A. Septiana and I. P. Aliansa, "Analisis Perbandingan Full Vigenere Cipher, Auto-key Vigenere Cipher dan Running-key Vigenere Cipher," pp. 3-4, 2016.

R. Munir, Kriptografi Untuk Keamanan Data, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

N. Fitri, "Perancangan Aplikasi Penyandian File Teks Menggunakan Algoritma Route Cipher Berbasis Desktop," Jurnal Pelita Informatika, vol. 8, no. 1, 2019.

N. D. Girsang, H. Siagian, M. H. Santoso, A. Wahyudi and B. A. Sitorus, "Kombinasi Algoritma Kriptografi Transposisi Rail Fence Cipher dan Route Cipher," Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 1-4, 2019.

S. D. Nasution, M. Syahrizal, G. L. Ginting and R. Rahim, "Data Security Using Vigenere Cipher dan Goldbach Codes Algorithm," Internationa Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), vol. 6, no. 1, pp. 360-363, 2017.

S. A. Halim, "Super Enkripsi Dengan Menggunakan Cipher Subtitusi dan Cipher Transposisi," Makalah F5054-2007-A-080, 2007.




DOI: https://doi.org/10.18860/jrmm.v1i2.14207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.