Patterns of Relationship between Islamic Values and Social Science Issues in Thematic Books for Grade IV Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, H. (2016). Perubahan Iklim dan Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Islam. Lembaga Penanggulangan Bencana Dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama; Menteri Kependidikan dan Lingkungan Hidup. http://lpbi-nu.org/perubahan-iklim-dan-pelestarian-lingkungan-dalam-perspektif-islam/ Abdullah, A. (2004). Falsafah Kalam di Era Post Modernisme. Pustaka Pelajar. Abdullah, M. A. (2003). New Horizon of Islamic Studies Through Sosio Cultural Hermeneutics. Al-Jami’ah, Vol. 41 No, 3. An-Najjar, Z., & Faylasufa A, Z. I. (2007). Pembuktian Sains dalam Sunah. Amzah. Arif, M. (2020). Kuliah Umum “Program Doktoral dan Magister FITK dengan Tema Pengembangan Riset Pendidikan Islam dengan Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner dan Transdisipliner.” Arifin, Z. (2008). Model-Model Relasi Agama dan Sains. PsikoIslamika, Vol. 5 No., 170. Arifullah, M. (2006). Hubungan Sains dan Agama: Rekonstruksi Citra Islam di Tengah Ortodoksi dan Perkembangan Sains Kontemporer. Konstektualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 2., 8. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta. Arisona, R. D. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPS di MI. Proceeding Ancoms, 330. Baharuddin. (2014). Relasi antara Science dengan Agama. Jurnal Dakwah: Al-Hikmah, Vol.8 No.2, 79. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v8i2.81 Barbour, I. G. (2002). Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, Terj. E.R. Muhammad. Mizan. Basith, A., & Shadiq, D. (2020). Al-Quran san Sains: Ilmu Geologi. Khazanah. https://republika.co.id/berita/lohhyw/alquran-dan-sains-ilmu-geologi-1 Chandra, B., & Widyastuti, P. (2007). Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC. Golshani, M. (2004). Issues in Islam and Science., Terj. Ahsin Muhammad, Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, Tafsir atas Sains. Mizan. Hadikusuma, W. (2017). Mendialogkan Sains dan Agama Dalam Upaya Resolusi Konflik. Syi’ar, Vol.17 No., 71–82. https://media.neliti.com/media/publications/288049-mendialogkan-sains-dan-agama-dalam-upaya-2ae7db0a.pdf Hakim, & Imam Nur. (2014). Pembelajaran Tematik-Integratif di SD/MI dalam Kurikulum 2013. Insania, Vol.19 No., 46. Haryanto A.G., Ruslijanto, H., & Mulyono, D. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. EGC. Haught, J. F. (2004). Science and Religion: From Conflict to Conversation., Terj. Fransiskus Borgias: Perjumpaan Sains dan Agama, dari Konflik ke Dialog. Mizan. Hidayatullah, S. (2019). Agama dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi dan Metodologi. Jurnal Filsafat, Vo. 29, No, 102. https://doi.org/10.22146/jf.30246 Junaedi, M. (2018). Mengkritisi Tipologi Hubungan Sains dan Agama Ian G. Barbour. Jurnal Ilmiah Studi Islam, Vol.18 No., 36–63. Kholidah, L. N. (2015). Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, Vol.10 No., 325–340. Khutorskoi, A. V. (2006). The place of The Textbook in the Didactic System. Russian Education and Society, volume 48, 78. https://doi.org/doi/abs/10.2753/RES10609393480307 Maghfiro, N. (2019). Larangan Menebang Pohon Sembarangan dalam Hadits Nabi. Bincang Muslimah. https://bincangmuslimah.com/kajian/larangan-menebang-pohon-sembarangan-dalam-hadis-nabi-26638/ Mardiana. (2013). Kajian Tafsir Tematik Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup. Al-Fikr, Vol.17 No., 139–151. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alfikr/article/view/2273 Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press. Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Gava Media. Mulyadi, K. (2003). Ketika Sains Bertemu Filsafat dan Agama (When Science Meets Philosophy and Religion). Relief, Volume 1, 46. Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Deepublish: Budi Utama. Nurhayati, U. (2014). Relasi antara Sains dan Agama Menurut Arhamedi Mahzar [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. In Digilib UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/11777/1/BAB I%2C V%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 3, tentang Sistem Pembukuan. (2017). 5. Qardhawi, Y. (2002). Ri’ayah al-Biah fi al-Syari’ah al-Islam diterjemahkan oleh Abdullah Hakam Shah dengan Judul “Islam Agama Ramah Lingkungan” (Cetakan I). Pustaka al-Kautsar. Rahmawati, A. (2018). Integrasi Sains Islam Penggunaan Jejaring Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Spektra: Jurnal Kajian Pendiidkan Sains, Vol. 4 No., 49–58. https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/download/45/37 Rahmi, R. (2021). Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Pokok Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup.” Al-Ihtirafiah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol.1 Nomo, 89–101. Riyadi, I. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Metakognisi Untuk Peningkatan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Deepublish: Budi Utama. Saifulloh, A. M. (2017). Telaah Korelasi Sains dan Agama dalam Paradigma Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.10 No., 144. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/download/258/190 Saputro, A. N. C. (2010). Pengintegrasian Nilai-Nilai Religius dalam Buku Pelajaran Kimia SMA/MA sebagai Metode Alternatif Membentuk Karakter Insan Mulia pada Siswa. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, Sains, Lingkungan Dan Pembelajarannya Menuju Pembangunan Karakter, 304. Supriatna, N., Mamat, R., & Kosim. (2007). Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah) untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Grafindo Media Pratama. Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram). (n.d.). Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI. referensi: https://tafsirweb.com/3963-quran-surat-ar-rad-ayat-3.html Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana. Triyanto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana Prenada Media Group. Yusuf, Y. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana. Zed, M. (2004). Metode Penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v16i2.15371
Copyright (c) 2024 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.