Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial
Abstract
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan kebijakan asesmen baru yang cukup mengundang kontroversi, yaitu meniadakan UN dan diganti dengan mekanisme asesmen baru yaitu Asesmen Nasional. Penerapan Asesmen Nasional akan berdampak pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak tersebut dengan menggunakan teori kognitif sosial sebagai perspektif. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan; penentuan topik penelitian yang dilanjutkan dengan meninjau literatur, reduksi literatur untuk menemukan bukti dan temuan, pengorganisasian literatur, review literatur dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asesmen Nasional dapat berdampak terhadap paradigma pembelajaran, terutama menyangkut dua hal yaitu posisi asesmen dan literasi. Dalam perspektif teori kognitif sosial, implikasi penerapan Asesmen Nasional terhadap pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat melalui analisis terhadap fungsi ketiga komponen yang ada di dalamnya, yaitu AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga komponen ini dapat dianalogikan dengan konsep Triadic Resiprocal Caustation Bandura, dimana AKM dan Survei Karakter mewakili Person dan Behavior, sedangkan Survei Lingkungan Belajar mewakili Environment. Adapun aspek literasi membaca dan numerasi diletakkan bukan sebagai tujuan pembelajaran, melainkan sebagai alat yang wajib peserta didik kuasai cara penggunaannya. Sebab itu, guru dituntut untuk mendukung penyiapan kognisi masing-masing peserta didik dalam menguasai konten materi pelajaran berbasis pada penguasaan dua literasi tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (Akm): Analisis Implementasi Kebijakan Akm. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135.
Aslan, S., & Reigeluth, C. M. (2013). Educational Technologists: Leading Change For A New Paradigm Of Education. Techtrends, 57(5), 18–24. Https://Doi.Org/10.1007/S11528-013-0687-4
Asrijanty, A. (2019). Hubungan Akreditasi Sekolah, Hasil Ujian Nasional, Dan Indeks Integritas Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V4i1.732
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc.
Brown, J. K. (2008). Student-Centered Instruction: Involving Students In Their Own Education. Music Educators Journal, 94(5), 30–35.
Brown, S. (2005). Assessment For Learning. Learning And Teaching In Higher Education, 1, 81–89.
Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 61–69.
Firmantyo, T., & Alsa, A. (2017). Integritas Akademik Dan Kecemasan Akademik Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1–11.
Fithri, R. (2014). Buku Perkuliahan Psikologi Belajar (Vol. 101). Uin Sunan Ampel Surabaya.
Hargreaves, E. (2005). Assessment For Learning? Thinking Outside The (Black) Box. Cambridge Journal Of Education, 35(2), 213–224.
Hidayah, L. (2020). Asesemen Ujian Nasional Dari Masa Ke Masa Dan Solusinya: Indonesia. Jurnal Al-Mafahim: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 11–20.
Hidayah, N. (2013). Ujian Nasional Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Pencerahan, 7(1).
Jill Jesson, Lydia Matheson, F. M. L. (2011). Doing Your Literature Review: Traditional And Systematic Techniques. Sage Publications.
Jones, L. (2007). The Student-Centered Classroom.
Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51–62.
Lawrence A. Machi, B. T. M. (2016). The Literature Review: Six Steps To Success. Corwin.
Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2009). Dampak Ujian Nasional. Laporan Hasil Penelitian Jurusan Pep.
Mascolo, M. F. (2009). Beyond Student-Centered And Teacher-Centered Pedagogy: Teaching And Learning As Guided Participation. Pedagogy And The Human Sciences, 1(1), 3–27.
Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (An): Pengetahuan Dan Persepsi Calon Guru. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Poerwanti, E. (2015). Konsep Dasar Asesmen Pembelajaran. Asesmen Pembelajaran Di Sd, 1, 1–44.
Praherdhiono, H., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Sulton, S. (2017). Instrumen Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 23(1), 038–045.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V4i1.1157
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2020). Relevansi Kampus Merdeka Terhadap Kompetensi Guru Era 4.0 Dalam Perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab, 4(1), 1–15.
Pusat Asesmen Dan Pembelajaran. (2020). Akm Dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pusat Asesmen Dan Pembelajaran. (2021). Lembar Tanya Jawab Asesmen Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Raharjo, S. B., Yuliana, L., & Yudha, Y. H. (2018). Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 129. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V3i2.750
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71.
Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., & Epriani, P. (2021). Penghapusan Ujian Nasional Tahun 2021 Dalam Perspektif Guru Sma Di Kota Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas Pbsi)-3, 213–220.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspectiv (Vi). Pearson.
Sholeh, A., & Priatmoko, S. (2020). Internalization Of Moderate Values Of Islam In The Development Of Community Literation: A Case Study Of Kita Belajar Mandiri. Islamuna Jurnal Studi Islam, 7(1), 1–18.
Suwartini, S. (2016). Teori Kepribadian Social Cognitive: Kajian Pemikiran Albert Bandura Personality Theory Social Cognitive: Albert Bandura. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 37–46.
Tarsidi, D. (2010). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran Di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.16023
Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.