Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik

khikmatul masrohah, Cicih Wiarsih, Dedy Irawan

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan metode permainan bingo dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, dan lembar angket minat belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian, hasil minat belajar peserta didik pada siklus I diperoleh persentase 85,1% dan siklus II meningkat 3,29% dengan persentase 88,39%. Hasil prestasi belajar peserta didik siklus I memperoleh persentase 40,4% dan siklus II meningkat 36,2% dengan persentase 76,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan bingo dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik pada tema 7 di kelas IV SDN 2 Dukuhwaluh.

Keywords


Bingo Game Method; Learning Interest; Learning Achievement; Thematic Learning

Full Text:

PDF

References


Hapsari, D., & Vicky, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Bingo Terhadap Motivasi dan Pemahaman Materi PPKn Kelas IV SDN Sumokembangsri Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 01(01), 1-11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23980

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud RI No. 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Kemmis, S., & Mc. Taggart, R. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Pemerintah RI. (2013). Peraturan Pemerintah No. 32 pasal 19 ayat (1) tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rosyidi, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Belajar Aktif Ala Permainan Bingo. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 85-94. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Humanis/article/view/334

Silberman, M. L. (2017). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Renika Cipta.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, (7)2, 21-30.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.7113



Copyright (c) 2019 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.