Pengaruh motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa

Ulfah Musyaropah, Nurhayati Adiratna Kusuma, Asti Iryanti Putri, Widiarti Widiarti, Yayi Tresnatri, Ahmad Muhammad Diponegoro

Abstract


Abstract: This study aims to examine the effect of learning motivation and self-concept on student achievement in mathematics at SMK Muhammadiyah 2 Sleman. This research uses a quantitative approach with a cross sectional study method. The population of this study were students of SMK Muhammadiyah 2 Sleman. The sampling technique in this study used saturated sampling. The sample in this study amounted to 40 students. The data collected by using a learning motivation scale and a self-concept scale with a Likert scale response type. Meanwhile, students' mathematic test scores used as the data of learning achievement. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results showed that simultaneously there is a very significant influence between learning motivation and self-concept on student achievement in mathematics at SMK Muhammadiyah 2 Sleman. The contribution of learning motivation and self-concept to student achievement is 63,4%. The implication of this research is to Give an information that the student study motivation is important to be improved to boost the student study performance.

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala konsep diri dengan jenis penskalaan respon skala likert. Sedangkan skala prestasi belajar menggunakan hasil nilai ujian mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara simultan terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Besarnya kontribusi motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 63,4%. Implikasi dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi bahwa motivasi belajar siswa penting untuk ditingkatkan guna meningkatkan prestasi belajar siswa.        





Keywords


Learning Achievement, Learning Motivation, Self-concept

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Refika Aditama.

Agustini, N. K. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Kontribusi konsep diri dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580

Ardianti, T. (2019). Pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Serang. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.1001

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Calhoun, F., & Acocella, J. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (3rd ed.). IKIP Semarang Press.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (5th ed.). Pustaka Pelajar.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Heriyati, H. (2017). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Hidayah, M. (2015). Pengaruh konsep diri dan kecemasan belajar terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Barat. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 268–278. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.652

Hurlock, B. (2005). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2. Erlangga.

Ivana, K. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Abdulloh Bangsongan Sukoanyar Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. IAIN Kediri.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan strategi untuk meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 67(9), 455–460.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2412

Manurung, A. S. M., & Halim, A. (2020). Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas Iv Sdn Kenari 07 Pagi Jakarta. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 51–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/view/3102

Nugraheni, Y. (2013). Pengaruh konsep diri dan disiplin sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas X Sma Negeri 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. UNY.

Prasasty, A. T. (2017). Pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 65–74.

Prasetyono, H. (2020). Belajar siswa (studi kasus di SMK Walisongo Jakarta). Research and Development Journal of Education, Special Ed (October), 49–59.

Saifullah, S., & Muchlis, M. (2019). Hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika siswa dengan prestasi belajar siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.88

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Siregar, R., & Humairo, F. (2018). The effect of self-concept on the mathematics learning achievement. International Journal on Language, Research and Education Studies, 2(2), 218–227. https://doi.org/10.30575/2017/ijlres-2018050806

Situmorang, Z. R. D., & Latifah, m. (2014). Pengaruh dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154

Sobur, A. (2016). Psikologi Umum (6th ed.). Pustaka Setia.

Suciati, I., Khadijah, K., Khaerani, K., & Manaf, A. (2020). Self concept & mathematics achievement: a meta-analysis. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7676–7681. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082554

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeda.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tambunan, H. (2021). Dampak pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap resiliensi, literasi matematis dan prestasi matematika siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2490

Tanadi, M., Hartini, S., & Putra, A. I. D. (2020). motivasi berprestasi ditinjau dari konsep diri pada siswa / siswi methodist 5 Medan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 17–27. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1 Feb.951

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala siswa smk dalam pembelajaran daring matematika di situasi pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Santoso, E. (2020). Motivasi dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi covid-19 (Studi pada siswa kelas VII SMPN 3 Karawang tahun pelajaran 2019-2020). Jurnal Education and Development, 8(3), 197–202.

Weniati, S. Y., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh blended learning, minat dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMK. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3276–3288.

Yahaya, A., & Ramli, J. (2009). The relationship between self-concept and communication skills towards academic achievement among secondary school students in Johor Bahru. International Journal of Psychological Studies, 1(2).

Zulpadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas xi IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.190




DOI: https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v19i1.16031

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

     

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.