Pengembangan skala akhlak tasamuh

Fairus Hanna Shafira, Juliarni Siregar

Abstract


Abstract: This study aims to develop and test the validity and reliability of the Tasamuh Moral scale. The Tasamuh moral scale construct was compiled based on the concepts proposed by Aziz (2006), and Jumhuri (2015). It obtained 4 aspects and 16 indicators used as the basis for compiling the 34-item scale. The results of the content validity test involving three experts consisting of two Islamic religious experts and one Islamic psychologist showed the V Aiken value ranging from 0.75 to 1.00. All items were tested for reliability using a single-trial approach involving 539 respondents from the Muslim community in Pekanbaru, obtained using the Accidental Sampling technique. The reliability of the scale consisting of 34 items is 0.894. The construct validity test using Confirmatory Factor Analysis (CFA) showed that the CFA model 1 (first-order unidimensional) test on four aspects of the Tasamuh moral scale was declared fit. The analysis of model 2 (second-order model) also shows that all aspects could reflect the variables of Tasamuh moral scale validly and significantly with Chi-square = 1412,414, p-value = 0.000, and RMSEA = 0.059. Thus, the Tasamuh moral scale in this study is valid and reliable in measuring Tasamuh moral in Muslim participants.

Keywords: Moral; Tasamuh; Tolerance

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas dan reliabilitas skala akhlak tasamuh. Konstruk akhlak tasamuh disusun berdasarkan konsep yang dikemukakan oleh Aziz (2006) dan Jumhuri (2015). Diperoleh 4 aspek, 16 indikator yang dijadikan dasar dalam menyusun 34 butir aitem skala. Hasil pengujian validitas isi yang melibatkan 3 orang ahli yang terdiri dari 2 orang ahli agama Islam dan 1 orang ahli psikologi Islam menunjukkan nilai V Aiken yang bergerak dari 0,75 hingga 1,00. Seluruh butir aitem diuji reliabilitasnya menggunakan pendekatan single-trial yang melibatkan 539 responden masyarakat muslim di Pekanbaru yang diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Adapun nilai reliabilitas skala yang terdiri dari 34 aitem adalah sebesar 0,894. Hasil pengujian validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa uji CFA model 1 (first order unidimensional) terhadap 4 aspek pada skala akhlak tasamuh dinyatakan fit. Hasil analisis model 2 (second order model) juga menunjukkan bahwa semua aspek mampu merefleksikan variabel akhlak tasamuh secara valid dan signifikan dengan Chi-square = 1412,414, p value = 0,000 dan RMSEA = 0,059. Dengan demikian, skala akhlak tasamuh dalam penelitian ini merupakan alat ukur yang valid dan reliabel dalam mengukur akhlak tasamuh pada partisipan yang beragama Islam.

Kata Kunci: Akhlak; Tasamuh; Toleransi


Keywords


akhlak; tasamuh; toleransi

References


Ahya, A. (2019). Eksplorasi dan pengembangan skala qana’ah dengan pendekatan spiritual indigeneus. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 07(01), 13–27.

Aji, M. A. S., & Tb, G. H. (2017). Hubungan antara religiusitas dan tasamuh dengan pengetahuan akan praktek tasamuh Nabi Muhammad sebagai variabel mediator. Middle East and Islamic Studies, 4(2).

Al-Ghazali, A. H. M. (2004). Adabu Shuhbah wal Mu’asyarah (Pertama; A. S. Al-Muhindy, ed.). Jakarta Timur: Mirqat Publishing.

Alfandi, M. (2013). Prasangka: Potensi pemicu konflik internal umat Islam. Walisongo, 21(1), 113–140.

Alfarizi, M. Z. (2019). Mendidik karakter buah hati dengan akhlak nabi. Yogyakarta: Laksana.

Aziz, R., Wahyuni, E. N., & Wargadinata, W. (2017). Kontribusi bersyukur dan memaafkan dalam mengembangkan kesehatan mental di tempat kerja. Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1), 33–43. https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i12017.33-43

Aziz, U. B. A. (2006). Samahatul Islam (Edisi Ketiga). Riyadh: Maktabah Al Adib.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (Edisi Kedua). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Chizanah, L., & Hadjam, M. N. R. (2011). Validitas konstruk Ikhlas : Analisis faktor eksploratori terhadap instrumen skala ikhlas. Jurnal Psikologi, 38(2), 199–214.

Effendi, D. (2010). Pembaruan tanpa mengenal tradisi (Edisi Pertama). Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Farmawati, C., & Hidayati, N. (2018). Penyusunan dan pengembangan alat ukur Islamic Personality Scale (IPS). Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 19–30.

Fatchhiyah, V. (2016). Implementasi nilai toleransi pada masyarakat berbeda latar budaya untuk meningkatkan persatuan warga melalui gerakan PKK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(5).

Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan Islam. Analytica Islamica, 6(1), 21–34.

Ghozali, I. (2011). Model persamaan structural: Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 21.0 (Pertama). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, M. (2015). Dinamika kepribadian menurut psikologi Islami. Jurnal Ummul Qura, VI(2), 110–124.

Hidayati, S. N. (2016). Pengembangan skala tawadhu. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Hikmah, W. N. (2019). Pengembangan dan properti psikometri skala akhlak mulia pada diri sendiri. Skripsi. Universitas Islam Riau.

Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2002). Social Psychology (3rd edition). London: Prentice Hall.

Irham, M. (2012). Etos kerja dalam perspektif Islam. Jurnal Substantia, 14(128), 11–24.

Jumhuri, M. A. Al. (2015). Belajar Aqidah Akhlak (Pertama). Yogyakarta: Budi Utama.

Mistiani, W. (2016). Analisis butir soal dengan pendekatan Classical Test Theory dan Item Response Theory. Paedajogja: Jurnal Pendidikan, 5(1), 122–145.

Mustakim. (2017). Pendidikan lingkungan hidup dan implementasinya dalam pendidikan Islam (Analisis Surat Al- A’raf Ayat 56 -58 Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab). Journal of Islamic Education (JIE), II(1), 1–27.

Nashori, F. (2010). Agenda psikologi Islami (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nunzairina. (2018). Sejarah pemikiran psikologi Islam Zakiah Daradjat. Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 2(1), 99–112.

Pratiwi, P. N. R. (2020). Uji validitas konstruk skala ujub dengan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Skripsi. Universitas Islam Riau.

Rusdi, A. (2017). Rida dalam psikologi Islam dan konstruksi alat ukurnya. Jurnal Psikologi Islam, 4(1), 95–117.

Saifuddin, A. (2020). Penyusunan skala psikologi (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.

Sarinah. (2017). Pendidikan agama Islam (Edisi Pertama). Yogyakarta: Budi Utama.

Sartika, A., & Kurniawan, I. N. (2015). Skala Tawakal kepada Allah : Pengembangan ukuran-ukuran psikologis surrender to god dalam perspektif Islam. Psikologika, 20(2), 129–142.

Sholeh, A. (2014). Pemahaman Konsep Tasamuh (Toleransi) Siswa dalam Ajaran Islam. J-PAI, 1(1), 101–132.

Sholehah, I. (2018). Keberpihakan Al-Qur’an terhadap Mustadh ’Afin. Journal Living Islam, 1(1).

Sofwana, H. M., Rosiana, F., & Haryanto, H. C. (2020). Efektifitas Psikoedukasi Kemampuan Empati dalam Meningkatkan Toleransi Beragama pada Mahasiswa Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 130–141.

Sofyan, A. (2015). Pengaruh Kematangan emosi terhadap sikap tasamuh. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 59–88.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Kedua). Bandung: Afabeta.

Suheri, A. (2018). Wujud keadilan dalam masyarakat ditinjau dari perspektif hukum nasional. Jurnal Morality, 4(1), 60–68.

Sutan, D., Sahbana, A., Sa, A., & Jalil, A. (2019). Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tasamuh pada siswa di SMA Islam Al-Maarif Singosari. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Tebuireng. (2018). Upaya menggapai persatuan dalam kemajemukan (57th ed.). Jawa Timur: Media Pendidikan dan Keagamaan.

Widiyastuti, R. (2010). Kebaikan akhlak dan budi pakerti (Pertama; Mustain, ed.). Jawa Tengah: ALPRIN.

Yudiani, Ema. (2016). Etos kerja islami dosen fakultas ushuluddin an pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang ditinjau dari religiusitas. Jurnal Psikologi Islami, 2(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v19i2.18085

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

    

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.