Pengaruh Dongeng Dalam Peningkatan Emosi Positif Anak Usia Prasekolah

Annisa Trihastuti, Yansa Alif Mulya, Zaid Abdillah, Fina Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengetahui Pengaruh Dongeng dalam perkembangan emosi positif anak usia prasekolah di TK Muslimat NU 21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 40 siswa TK  dengan menggunakan dua kelompok variabel yani kontrol dan eksperimen. Terdapat empat emosi positif (Interested, Excited, Inspired, Strong, Active) dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perubahan sebesar 41,2% pada kelompok eksperimen  dan 9,34% pada kelompok kontrol. Aspek yang mengalami perbuhan signifikan adalah aspek Interested, Inspired, strong, dan active.


Keywords


Dongeng; Emosi positif; prasekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

     

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.