Development of An E-Worksheet Using The Formative Application for Arabic Listening And Reading Assessment at Madrasah Aliyah

Raziqa Diah Cahyani, Mamluatu Solihah, Slamet Daroini

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi digital di era Society 5.0 menuntut adanya transformasi metode penilaian bahasa Arab yang selama ini masih didominasi oleh tes tertulis konvensional. Penelitian ini membahas tentang kebutuhan mendesak akan alat evaluasi interaktif yang modern untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan membaca siswa di tingkat Madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa elektronik (e-worksheet) menggunakan aplikasi Formatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE yang terbatas pada tahap pengembangan. Analisis kebutuhan menunjukkan skor sedang sebesar 75,25%, yang menunjukkan perlunya inovasi. Produk ini divalidasi oleh ahli materi (92%) dan ahli media (88%), keduanya dikategorikan "sangat baik." Revisi teknis kecil dilakukan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan. Hasil penelitian menegaskan bahwa e-worksheet meningkatkan aksesibilitas, keterlibatan siswa, dan efektivitas dalam penilaian formatif. Dibandingkan dengan praktik sebelumnya, pendekatan digital ini menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kontekstual. Disimpulkan bahwa e-worksheet layak dan efektif untuk digunakan dalam evaluasi bahasa Arab, dengan potensi untuk aplikasi yang lebih luas dalam keterampilan bahasa lainnya.

Keywords


Electronic Worksheet, Formative Application, Listening and Reading Skills, Arabic Language Learning

Full Text:

PDF

References


Azhar, M., Rahmawati, M., Saputra, M. R., Nurdinah, S., Frananda, A., & Fitri, L. (2025). E-ISSN : 2797-1910 Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Digital. 6(1), 78–99.

Fadlillah, M., Bohri Rahman2, Nurul Istiq’Faroh, Ayik Fena Emilda, & Debby Rahmawati. (2023). Analisis Bahan Ajar Berwawasan Agraris untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1118–1127. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6356

Farah. (2023). Efektifitas penggunaan lembar kerja siswa bahasa arab dalam meningkatkan maharah qiraah siswa kelas 7 mts Asy Syafiiyah. Universitas Islam Negeri, 1(Efektifitas penggunaan lembar kerja siswa bahasa arab dalam meningkatkan maharah qiraah siswa kelas 7 mts Asy Syafiiyah), 1–104.

Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i2.822

Lestari, D., & Setyarsih, W. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian Formatif Berbasis Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 561–570. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p561-570

Miftah, Z. (2022). Digitalisasi dan Disparitas dalam Pendidikan: Studi Kasus di SDN Ngayung Lamongan. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman , 04(2), 63–76. https://pssat.ugm.ac.id/inklusi-sosial-di-era-

Muhamad, S., Udin, Y. La, Nashihah, D., Qomari, N., Aliyah, M., Kota, N., Malang, B., Education, A., Universitas, S., Negeri, I., Malik, M., & Malang, I. (2024). Pengembangan Formative Sebagai Media Evaluasi Maharah al Qira ’ ah Siswa Kelas X MAN Kota Batu Malang Madras Aliyah Negeri Kota Batu Malang , Indonesia . Arabic Education Study Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang , Indonesia . 4(1).

Munawir, Winata, W., & Andi Ahmad Gunadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Liveworksheets Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Instruksional, 4(1), 62–73.

Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Riva’i, Z., Ayuningtyas, N., & Fachrudin Dhany, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 106–119. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2277

Salam, M. Y., & Adam Mudinillah. (2021). Canva Application Development for Distance Learning on Arabic Language Learning in MTs Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 101–111. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i2.20650

Salsabila, I. F. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-learning di Halaqoh ’Arobiy PAre Kediri.

Zhalila, Z., & Medika, G. H. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) Berbantuan Liveworksheets untuk Memfasilitasi Pencapaian Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VII SMPN 3 Ampek Angkek. 08(October), 2424–2437.




DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v10i3.33182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Raziqa Diah Cahyani, Mamluatu Solihah, Slamet Daroini

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

...............................................................................................................................................................

Mailing Address:

Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia

Phone/Faximile: (+62341) 552398, Cell Phone: +62 81 333 666 063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com

...............................................................................................................................................................

Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by: