Improving Students’ Arabic Vocabulary at MTsN Batu Through a Project-Based and Mind Mapping Approach
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Hizkia Dewa, Andri Anugrahana, and P. Ariyanti. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Perubahan Cuaca Dan Pengaruhnya Terhadap Manusia Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas III Sd Negeri Plaosan 1.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2980–84.
Aidah, Adhe Nor, Ahmad Fadhel Syakir Hidayat, and Maryam Nur Annisa. 2023. “Pengaruh Metode Tamyiz Terhadap Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda.” Borneo Journal of Islamic Education 3(1):101–16.
Ardiansah, R. n.d. “IMPLEMENTATION OF PRONUNCIATION OF IJAB AND QABUL IN THE APPLICATION OF THE MARRIAGE CONTRACT.” Repository.Uinjkt.Ac.Id (Query date: 2023-11-03 11:45:51).
Asrulla, Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. 2023. “Populasi Dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) Dalam Pendekatan Praktis.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):26320–32.
Farihana, Intan Rahmadany, and Nuril Mufidah. 2024. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Mahasiswa Alumni Sekolah Umum.” MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4(1):9–24.
Harfiah, Dewi Nabila. n.d. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Assafinnah.” B.S. thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Media, Doni Swadarma, re! 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo.
Musyadad, Vina Febiani, Asep Supriatna, and Sri Mulyati Parsa. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan.” Jurnal Tahsinia 1(1):1–13.
Nurhamidah, Siti, and Kun Nurachadijat. 2023. “Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 3(2):42–50. doi:10.54371/jiepp.v3i2.272.
Oktaviani, Ika, Rahma Sekarningrum, Maulidah Syahrisyarifah, and M. Yunus Abu Bakar. 2024. “Dinamika Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Arab.” Journal Sains Student Research 2(6):526–38.
Pali, Kecamatan Abab Kabupaten. 2000. “Metodelogi Penelitian.”
Prayogo, Yogi, and S. S. Mintarsih. n.d. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (GOI) BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMAN I SIDOARJO.”
Qomaruddin, Farid, and Muhammad A’inul Haq. 2023. “Efektifitas Metode Langsung Terhadap Maharah Kalam Pada Program Muhadatsah Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin.” MIYAH: Jurnal Studi Islam 19(01):73–98.
Rosyidi, Abdul Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. 2011. “Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.”
Saputra, Domi, Muhamad Fidri, Fatoni, and Nurhayati. 2022. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Penguasaan Kosa Kata.” JURNAL AS-SAID 2(1):127–37.
Sari, Rona Taula, and Siska Angreni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA 30(1):79–83. doi:10.23917/varidika.v30i1.6548.
Sauri, Sofyan. 2020. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia.” Insancita 5(1):73–88. doi:https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332.g1159.
Septianingsih, Dwidya, Muhammad Zidane Burhanudin, Mairita Fawzia, Hefi Irawati, and Putri Astrivo Wahyuni. 2024. “Implementasi Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Teknologi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di SMA N 1 Tambun Selatan.” Available at SSRN 4837650.
Wahyuningsih, Sri, and Rini Dwi Susanti. 2020. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PROJECT-BASED LEARNING.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1):1. doi:10.21043/elementary.v8i1.6384.
DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v10i3.33605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rahmadani Rahmadani, Slamet Daroini, Mamluatu Solihah
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
...............................................................................................................................................................
Mailing Address:
Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Phone/Faximile: (+62341) 552398, Cell Phone: +62 81 333 666 063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com
Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by:




