FROM SOCIOLINGUISTICS TO COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING
Syafiyah Syafiyah
Abstract
Aliran Sociolinguistik sebagai respon dari aliran linguistik yang dipelopori oleh Chomsky memberikan pandangan baru terhadap hakekat bahasa. Menurut aliran ini bahasa tidak dipandang sebagai aturan-aturan gramatikal formal semata, tetapi lebih sebagai alat komunikasi. Memahami bahasa manusia berarti memahami bagaimana manusia berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana proses komunikasi terjadi. Memahami hakekat bahasa sama saja dengan memahami bagaimana bahasa itu berfungsi di tengah masyarakat. Menguasai bahasa berarti memiliki kompetensi komunikatif, yaitu kemampuan untuk menggunakan bahasa dengan benar dan tepat sesuai dengan konteks sosial. Kompetensi komunikatif meliputi kompetensi linguistik, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana dan kompetensi strategis. Dalam ranah metodologi pembelajaran bahasa, aliran tersebut melahirkan pendekatan pembelajaran bahasa komunikatif )Communicative Approach(.
Keywords
Sosiolinguistik; Pembelajaran; Bahasa Komunikatif;
Editorial Office: Laboratory of Information and Publication, Faculty of Humanities Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144 Email: jurnallingua@gmail.com Phone: +62 (0)341 570872