Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fiqih Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Wahyu Lailatul Baridah

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MIN 4 Nganjuk. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan metode konvensional yang digunakan guru yang monoton membuat siswa mudah bosan dan tidak memahami materi pelajaran sehingga ketuntasan belajar siswa rendah. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak, efektif dan menarik guna meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV. Teori yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (RnD) adalah teori Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 5 langkah, yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi dan revisi, serta uji coba lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan tes serta menggunakan analisis data berupa uji paired simple test. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah produk yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV MIN 4 Nganjuk

Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Media Berbasis Android; Ketuntasan Belajar

Full Text:

PDF

References


AlBatawiy, Abu Razin (2011). Terjemah Matan Safinatun Najaah. Maktabah Ar Razin

Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta:Yuma Pustaka

Author, https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi). Diakses pada 10 September 2020

Idris, Abdul Fatah dan Abu Ahmadi. (1990). Terjemahan Fiqih Islam Lengkap. Jakarta: Rineka Cipta

Keputusan Menteri Agama (2014). Pedoman Kurikulum madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta : Depag

Kotto, Alaiddin. (2004). Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqih. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Krisnawati, Tri Asih Wahyu. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 3 Surabaya”, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (2)

Lase, Delipiter (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora dan Kebudayaan

Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media

Mucthar, Heri Juhari. (2012). Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muyaroah, Siti dan Mega Fajartia (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi”, IJCET, 6 (2)

Permana, Kemal Setia. (2019). Mengutip URL, sumber internet https://jabar.tribunnews.com/2019/01/24/ketika-pengguna-internet-dan-smartphoneterusmeningkat-android-dominasi-pasar-indonesia-dan-dunia

Ramli. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Quran dan Al-Hadist. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 13 No.23 April 2015

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada,2001).

Setyosari, Punaji (2012). Edisi Kedua Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Puslitjaknov (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Naisonal.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v10i2.13194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wahyu Lailatul Baridah

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia