Tantangan dan Peluang Penerapan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan di Era Digital

Fatia Ainur Rosyida, Narendra Jumadil Haikal Ramadhan, Ode Rahman Arfan, Mohammad Lutfi Alil Muin

Abstract


Penerapan teknologi dalam supervisi pendidikan di era digital seperti sekarang ini masih dalam kondisi yang memprihatinkan. Kesenjangan infrastruktur menunjukkan bahwa perkembangan teknologi tidak selaras dengan kesiapan lembaga pendidikan dalam memberikan fasilitas teknologi yang memadai.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan teknologi dalam supervisi pendidikan dan dampaknya pada pengembangan profesional guru. Metode penelitian ini menggunakan penelitian library research (studi perpustakaan). Data dikumpulkan dengan mengacu sumber referensi yang relevan. Hasil penelitian menyatakan bahwa tantangan penerapan teknologi dalam supervisi pendidikan di era digital meliputi kesenjangan teknologi dan akses internet, perubahan yang cepat dalam teknologi, pemilihan teknologi yang tepat dan perlunya keterampilan pengajaran yang baru. Sedangkan peluangnya terdiri dari beberapa macam, yakni aksesibilitas yang lebih mudah, supervisi pendidikan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan individu guru, kesiapan dalam hal pendidikan berbasis kompetensi, pemahaman, dan pemanfaatan Internet pada dunia pendidikan.

Keywords


Tantangan, Peluang, Penerapan Teknologi, Supervisi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Afriliandhi, Cucu, Dian Hidayati, Istiqomah Istiqomah, and Anjarsidi Melawati. 2022. “Teacher’s Digital Literacy to Improve Quality in Learning.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 5(1):17. doi: 10.31764/ijeca.v5i1.7327.

Anis, Muhammad Yunus. 2016. “Pengaruh Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Dabin I Kecamatan Tegal Barat ….” 1–239.

Asmarani, Ayu, Susi Purwanti, and Suryawahyuni Latief. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Di Smp.” Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan 9(2):83–91. doi: 10.35438/e.v9i2.509.

Bestari, Putri, Rafizah Awam, Edi Sucipto, Sufyarma Marsidin, and Rifma Rifma. 2023. “Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5(2):133–140. doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4016.

E-ujian. 2023. “Supervisi Pendidikan: Pengertian, Manfaat Dan Penerapannya.” E-Ujian.Id. Retrieved December 3, 2023 (https://e-ujian.id/supervisi-pendidikan-pengertian-manfaat-dan-penerapannya/).

Fatha Pringgar, Rizaldy, and Bambang Sujatmiko. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” Jurnal IT-EDU 05(01):317–329.

Guntur Gunawan. 2016. “Persepsi Guru Terhadap Superisi Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalnya Di SMA Negeri Se-Pokja 3 Kabupaten Sleman.” 01:1–167.

Hakim, Lukman. 2016. “Memahami Penggunaan Teknologi Efektif Dalam Supervisi Lembaga Pendidikan.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 148–158.

Herlina, Elin. 2020. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru SMP Negeri 2 Bungursari.” Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan) 3(1):26–34. doi: 10.33395/juripol.v3i1.10477.

Irfan Dwi Nugroho. 2014. “HAMBATAN DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI GURU KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PONJONG.” (November):1–23.

Isnanto, Ardi. 2023. “Teknologi Informasi: Pengertian, Fungsi, Contoh, Dan Prediksi Masa Depan.” Detik.Com. Retrieved December 2, 2023 (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6837518/teknologi-informasi-pengertian-fungsi-contoh-dan-prediksi-masa-depan).

K, Ismail. 2020. “Enhancing Online Supervision Practice for Improving Final Year Industrial Based Project in Technical Programs.” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering 9(2):2234–2240. doi: 10.30534/ijatcse/2020/202922020.

Karso, and Darmanto. 2019. “PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” Prosiding Seminar U PGRI Palembang 1(03–05):108–115.

Kasmawati. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Binaan Di Kabupaten Takalar.” Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan 1(2):137–142.

Kopcha, Theodore J., and Christianna Alger. 2011. “The Impact of Technology-Enhanced Student Teacher Supervision on Student Teacher Knowledge, Performance, and Self-Efficacy during the Field Experience.” Journal of Educational Computing Research 45(1):49–73. doi: 10.2190/EC.45.1.c.

Koyongian, Yeane, Joulanda A. .. Rawis, Mozes Markus Wullur, and Viktory N. J. Rotty. 2021. “Implementasi Supervisi Instruksional: Pendekatan Dan Tantangan Pengembangan Profesionalisme Guru.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 10(2):48. doi: 10.24036/jbmp.v10i2.115405.

Meika, Nafa Nur. 2021. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Secara Daring Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMP Negeri Di Kecamatan Cicendo Kota Bandung Pada Masa Pandemi Covid-19.” S1-Thesis 67.

Muhajirah, B., Danial Rahman, and Lisa Nursita. 2023. “Problematika Dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan.” Nazzama: Journal of Management Education 3(1):84–96.

Nanny, Achmad Harristhana Mauldfi Sastramadja, Sukarman Purba, Al Hadid Wahyu Putra et al. 2023. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Aplikasinya. Cetakan 1. edited by A. Yanto. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Nella, Rahma. 1987. “Penerapan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Sekolah.” Pendidikan Dan Kebudayaan 1(1).

Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wijayanto. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang 2:628–638.

Nur, Sakiinah Almirah, Alfi Fadliya Putri Mahya, and Gunawan Santoso. 2022. “Revolusi Pendidikan Di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Vol. 01 No:18–28.

Pamungkas, Alim Harun. 2023. “Problems, Challenges, Dynamics and Supervision Innovation on Nonformal Education In Indonesia.” SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 11(2):265. doi: 10.24036/spektrumpls.v11i2.123259.

Pattola, Sri Mentari, Hasanah Nur, and Abdul Muis Mappalotteng. 2022. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 5 Pangkep.” LP2M-Universitas Negeri Makassar 2467–2480.

Prihandani Vira. 2022. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Bandar Lampung.” Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Bandar Lampung 1–62.

Putra, Erik Hadi. 2023. “Penerapan Teknologi Informasi Dalam Supervisi Pendidikan.” Kaba.Net. Retrieved December 10, 2023 (https://bakaba.net/peran-teknologi-informasi-dalam-supervisi-pendidikan/).

Reza, Muhammad Rezki. 2021. “Pengaruh Supervisi Teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar.” Educatioanl Journal: General and Specific Research 1(1):84–92.

Samiya Ma’ayis, and Mohammad Syahidul Haq. 2022. “Implementasi Model Supervisi Akademik Digital (E-Supervisi) Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10 No. 1(1):142–155.

Sodikun, Suwarno, Mustofa, Su’ad, and Ahmad Hariyadi. 2023. “Supervisi Akademik Berbasis Tik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran.” Equity In Education Journal 5(1):65–72. doi: 10.37304/eej.v5i1.8259.

Subroto, Desty Endrawati, Supriandi, Rio Wirawan, and Arief Yanto Rukmana. 2023. “Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan West Science 1(07):473–480. doi: 10.58812/jpdws.v1i07.542.

Tahta Rizki, Isjoni, and Hadriana. 2022. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Supervisi Kunjungan Kelas Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 2 Bangkinang Kabupaten Kampar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):12370–12379.

Tampubolon, Manotal. 2023. Metode Penelitian. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Tesalonika, Asry, Rahmat Dhoni Wiryatmo, Yoseb Sudarso Bunbaban, Alexandra De Araújo Tilman, Yari Dwikurnaningsih, and Sophia Tri Satyawati. 2021. “Implementasi Supervisi Akademik Saat Pembelajaran Luring Dan Daring Di Sekolah Karangturi.” Satya Widya 37(1):62–71. doi: 10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p62-71.

Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. 2018. E- Book Teknologi Pendidikan. Vol. 3.

Yahya Pahriadi, Holten Sion, and Abdul Rahman Azahari. 2021. “Pengaruh Penguasaan TIK Dan Motivasi Kerja Terhadap Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Aplikasi Raport K-13 Di Gugus 2 Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan.” Journal of Environment and Management 2(2):159–169. doi: 10.37304/jem.v2i2.2944.

Yunita, Galuh Farah Rahma, and Sugiarti. 2019. “Kajian Mitos Dalam Novel Aroma Karsa Karya Dewi Lestari Perspektif Ekologi Budaya.” Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya 9(2):156–173.

Zeke, Ketsia, Joulanda A. .. Rawis, Mozes Markus Wullur, and Viktory N. J. Rotty. 2021. “Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Supervisi Akademik Oleh Kepala SMA Katolik Kota Manado Sulawesi Utara.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 10(2):56. doi: 10.24036/jbmp.v10i2.115406.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v10i2.25097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatia Ainur Rosyida, Narendra Jumadil Haikal Ramadhan, Ode Rahman Arfan, Mohammad Lutfi Alil Muin

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia