Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan
Abstract
Keywords
Full Text:
23-36References
Abdul Khabir. (2020). Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Edukasi Islamika, Forum Tarbiyah, 7(1). Retrieved From Www.Paiunj.Com
Ahmad Tafsir. (2017). Filsafat Pendidikan Islami (8th Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. Retrieved From Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.52
Dedi Purwana, Agus Wibowo. (2017). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. Retrieved From Https://Doi.Org/10.51226/Assalam.V8i1.123
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved From Http://Repository.Unikama.Ac.Id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global .Pdf. Diakses Pada; Hari/Tgl; Sabtu, 3 November 2018. Jam; 00:26, Wib.
Hakim, L. (2021). Transformasi Pendidikan Agama Islam : Strategi dan Adaptasi Pada Era Revolusi Industri 4 . 0, 9(4), 760–766.
Halifa Haqiqi, H. W. (2019). Revolusi Industri 4.0 di Tengah Era Society 5.0. (1st Ed.). Yogyakarta: Quadrant.
Hasan Baharun et.al,. (2017). Pengembangan Kurikulm Teori dan Praktik. (1,Ed.). Yogyakarta: Pustaka Nurja.
Idris, M., & Mokodenseho, S. (2021). Model Pendidikan Islam Progresif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 72–86. Retrieved From Https://Doi.Org/10.18860/Jpai.V7i2.11682
Khoirin, D. (2021). ‘Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 Integratif Dalam Menghadapi Era Society 5.0’. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, (April), 83–94. Retrieved From Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V16i1.4109
Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. Retrieved From Https://Doi.Org/10.14421/Jpi.2014.31.71-94
Mahmud. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Masdar Hilmy. (2016). Pendidikan Islam Dan Tradisi Ilmiah (2nd Ed.). Malang: Intrans Publishing.
Maysela, I., & Arif, M. (2021). Tuntutan dan Pengembangan Studi Islam di Perguruan Tinggi. At-Turots : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 12–25. Retrieved From Http://Journal.Stitmadani.Ac.Id/Index.Php/At-Turots/Article/View/57
Muslih. (2018). Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi S . 2 Manajemen Pendidikan Islam ( Mpi ) Uin Walisongo Semarang Muslih Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Pendahuluan Tantangan yang Dihadapi Oleh Dunia Pendidikan Kita Semakin Hari Semakin Berat . Dikatakan Dem. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam, 12(51), 155–180.
Nana Syaodah Sukmadinata. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. (Mukhlis,Ed.) (21st Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pegembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prasetia, S. A., & Fahmi, M. (2020). Reorientasi, Peran an Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Pandemi. Tarbawi, 9(1), 21–38. Retrieved From Https://Doi.Org/10.36781/Tarbawi.V9i1.3128
Purwadhi, P. (2019). Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad Xxi. Mimbar Pendidikan, 4(2), 103–112. Retrieved From Https://Doi.Org/10.17509/Mimbardik.V4i2.22201
Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Jurnal Islamika :Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110.
Rusdi, R. (2017). Kurikulum Perencenaan, Implementasi, Evaluasi, Inovasi dan Riset (1st Ed.). Bandung: Alafabeta, CV.
Suarni. (2019). Pendidikan Islam Menjawab Tantangan. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 80–85.
Suharsimi Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (1st Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum i Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27. Retrieved From Https://Doi.Org/10.29300/Attalim.V18i1.1614
Syam, A. R. (2019). Guru Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1. Retrieved From Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V14i1.2147
Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis Terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 18–27. Retrieved From Https://Doi.Org/10.30872/Yupa.V3i1.163
Utami, R. (2019). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. 4th International Conference On Education, 213–218.
Zainiyati, H. S. (2014). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 295–312. Retrieved From Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2014.8.2.583
Zetty Azizatun Ni’mah. (2017). Genealogi Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia (1st Ed.). Malang: Madani.
DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lalu Abdurrahman Wahid; Tasman Hamami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Editorial Office:
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Phone (0341) 552398, Faximile (0341) 552398
E-mail: jpai@uin-malang.ac.id
J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: