Modernisasi Pendidikan Islam Ahmad Dahlan: Perspektif Kesadaran (Konsientisasi) Kritis Paulo Freire
Abstract
Keywords
Full Text:
51-62References
Ahmad, F. (2015). Pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang Pendidikan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta tahun 2014/2015. Profetika: Jurnal Studi Islam, 144-154.
Al Alim, Z. F. (2021). Pembaharuan Pendidikan Islam dalam Pandangan KH Ahmad Dahlan (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. PROFETIKA: Jurnal Studi Islam, 43-56.
Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 43-56.
Amal, M. (2017). Peranan K.H. Ahmad Dahlan dalam Pengembangan Islam di Yogyakarta 1912-1923 (Skripsi). Makassar: Universitas Islam Negeri Sultan Alauddin Makassar.
Amin, E. (2010). Nilai-nilai Dakwah dalam Film Sang Pencerah. Kontekstualita, 313-334.
Anshory, N. (2010). Matahari Pembaharuan. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.
Biyanto, B. (2010). Muhammadiyah dan Problema Hubungan Agama-Budaya. ISLAMICA: Jurna Studi Keislaman, 88-99.
Collins, D. (1999). Paulo Freire: Kehidupan, Karya dan Pemikirannya . Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dikdasmen, M. (tt, tm td). Sejarah Awal Berdiri Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Retrieved from Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah: https://dikdasmenppmuhammadiyah.org/sejarah/
Djasman, M. (1983). Sejarah Berdirinya Muhammadiyah . Almanak Muhammadiyah 1409 / 1988-1989.
Freire, P. (1968). Pedagogy of the Oppressed. New York: Heder.
Freire, P. (1999). Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan terj: Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, P. (2000). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
Hadikusuma, D. (tt). Aliran Pembaruan Islam: Dari Jamaluddin al-Afghani sampai K.H.A. Dahlan. Yogyakarta: Penerbit Persatuan.
Hamzah, A. (1985). Pembaruan Pendidikan dan Pengajaran Islam oleh Pergerakan Muhammadiyah. Jember: Universitas Jember.
Hasbullah, H. (1995). Sejarah dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ismail, I. (2013). Menggagas Pondok Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam Masa Depan yang Mencerahkan. Jurnal Al-Ta'dib, 100-112.
Jaenuri, A. (1981). Muhammadiyah; Gerakan Reformasi Islam di Jawa pada Awal Abad ke-20. Surabaya: Bina Ilmu.
Kahin, G. M. (2003). Nationalism and revolution in Indonesia / George McTurnan Kahin. Ithaca, New York: Cornell University Press.
Kemdikbud, K. (2020, December). Kemdikbud. Retrieved from Kemdikbud: https://pk.kemdikbud.go.id/read-news/mas-menteri-jadilah-pelajar-percaya-diri-dan-berfikir-kritis
Kesuma, D., & Ibrahim, T. (2016). Struktur Fundamental Pedagogik, Membedah Pemikiran Paulo Freire. Bandung: PT. Refika Aditama.
Khairunnisa, D. P. (2017). Pemikiran pendidikan islam menurut K.H. Ahmad Dahlan (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khoirudin, A. (2019). Muhammadiyah dan Pemberdayaan Masyarakat: Habitus, Modal, dan Arena. Dialog, 165-184.
Khozin, K. (2006). Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia: Rekonstruksi Sejarah Untuk Aksi. Malang: UMM Press.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mu'arif, M. (2012). Modernisasi Pendidikan Islam: Sejarah dan Perkembangan Kweekschool Moehammadijah 1923-1932. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Mubaroq, A. I., Maulana, A., & Basri, H. (2017). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Kiai Haji Ahmad Dahlan. Jurnal Tamaddun -FAI UMG, 91-102.
Muhimmah, F. H., & Supraja, M. (2018). Polarisasi Gerakan Anti TBC Muhammadiyah: Berlangsungnya Tradisi Rasulan: Studi kasus Perayaan Tradisi Rasulan di Kelurahan Playen, Kecamatan Playen, Gunungkidul (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Muhtarom, A. (2008). Menelusuri Rekam Jejak dan Perjuangan KH. Ahmad Dahlan . Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman , 1-16.
Mulkhan, A. M. (1990). Pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulkhan, A. M., & Abror, R. H. (2019). Jejak-jejak Filsafat Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Muthohirin, N. (2017, Desember Senin). AIK Non-Muslim, Menjawab Tantangan Pendidikan Islam. Retrieved from Suara Muhammadiyah: http://research-report.umm.ac.id/index.php/API-BAA/article/view/1700
Nadia, A. (2016, Augustus Sunday). Republika. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/obsx90319/kurangi-jam-sekolah-dan-mata-pelajaran
Prastowo, A. I. (2020). Konsep Konsientisasi Paulo Freire dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam . SUHUF, 1-13.
Qomari, R., & Yang, Y. (2008). Pendidikan Perempuan di mata KH Ahmad Dahlan. Jurnal Studi Gender dan Anak , 180-194.
Ruslan, A. (2020). Falsafah Ajaran Kyai Ahmad Dahlan dan Etos Pendidikan Muhammadiyah. Chronologia: Journal of History Education, 46-54.
Salam, S. (1962). KH. Ahmad Dahlan: Reformer Islam Indonesia. Jakarta: Djajamurni.
Salam, Y. (1968). Riwayat Hidup Kyai Haji Ahmad Dahlan dan Perjuangannya. Jakarta: Depot Pengajaran Muhammadiyah.
Smith, W. A. (2008). Conscentizacao, Tujuan Pendidikan Paulo Freire. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suswandari, S., & Suwarno, S. (2010). ) K.H. Ahmad Dahlan’s (1869 – 1923) Thought and his Struggle for the Abolition of Feudalism Through Reformation of Islamic Education . HISTORIA: International Journal of History Education , 47-65.
Syamsiyatun, S. (2016). Pergolakan Putri Islam: Perkembangan Wacana Jender dalam Nasyiatul 'Aisyiyah 1965-2005. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Yuliasan, P. (2014). Relevansi Konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan di Abad 21. Jurnal As-Salam, 45-61.
DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Kamaludin, Nafik Muthohirin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Editorial Office:
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Phone (0341) 552398, Faximile (0341) 552398
E-mail: jpai@uin-malang.ac.id
J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: