MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL: STUDI PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MTSN TAMBAK BERAS JOMBANG

Mohammad Asrori

Abstract


As a country endowed with a multifaceted cultural wealth and tribes and nations, the study of multicultural education and religion is an inseparable unity. One place that is quite representative in seeing learning model multicultural vision of Islam is MTSN Tambak Beras Jombang. Pesantren-based Madrasah has long run a multicultural vision of Islamic religious education though is not formally written into the curriculum developed. Islamic religious education in a multicultural vision of MTSN Tambak Beras Jombang become one of the important features in fostering the values of social pluralism in a nation and a state without losing the values of Islamic


Full Text:

PDF

References


Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aly, Abdullah, Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta dalam Varia Pendidikan, Vol. 24, No. 1, Juni 2012.

Arief, A. (2005). Tantangan Pendidikan di Era Global, dalam Jurnal Institut, NO. I.

Armai, A. (2005). Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta: C3RD Press

Bandem, I Made. (Oktober 2001). “Seni dalam Perspektif Pluralisme Budaya”. Makalah SEMNAS di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Banks, Cherry A. McGee Banks. (1993). Multicultural Education: Issues and Perspectives: Handbook of Research Amerika: University of Washington.

Bukhari, M. (1992). Posisi dan Fungsi PAI dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum. Malang : IKIP Malang.

Darma. Budi, “Sastra dan Pluralisme”. Makalah SEMNAS di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Oktober 2001.

Dawam, Ainnurrofik. (2003). Emoh Sekolah Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Inspeal Ahimsakarya.

Departemen Agama RI, 2009. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural, Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dirjen Pendi.

Departemen Agama RI. (2009). Panduan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Komariah, A, Triatna, C. (2006). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung: Bumi Aksara.

Maarif, Syamsul. Islam dan Pendidikan Pluralisme; Menampilkan Wajah Islam Toleran Melalui Kurikulum PAI Berbasis Kemajemukan, disampaikan dalam Annual Confrence di Lembang Bandung, sumber www.google.com/pluralisme-pendidikan, akses tanggal 22 Januari 2008.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

-------------. (2005). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah Dan Perguruan Tinggi Jakarta, PT Rajagrafindo Persada.

-------------. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam, Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Nasih, Ahmad Munjin. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Pasir, S. ( 2003). Integrasi Inklusifitas Ajaran Islam dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kritis terhadap Materi Pendidikan Agama Islam Untuk SMU di Indonesia, Tesis Pascasarjana Program studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Purwasito, A. (2003). Komunikasi Multikultural Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Model Penerapan Kurikulum Pendidikan Multikultur, Jakarta: Depdiknas.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Soemanto, W., Soetopo, H. (1987). Dasar dan Teori Pendidikan Dunia. Surabaya: Usaha Nasional.

Suparta, Mundzier. (2008). Islamic MultiCultural Education Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Jakarta: Al Ghazali Center. cet. 1.

Tilaar, H.A.R Manifesto Pendidikan Nasional, Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: Kompas.




DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v4i1.5273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam



...............................................................................................................................................................

Editorial Office:

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144

Phone (0341) 552398, Faximile (0341) 552398
E-mail: jpai@uin-malang.ac.id

...............................................................................................................................................................

J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.

...............................................................................................................................................................

Indexed by:

https://assets.crossref.org/logo/crossref-logo-landscape-100.png