Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkhoiri, Y. (2021). Peran Guru dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Anwar, B. (2019). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2). https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129
Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
Atiqoh, L. N., Dina, B., Agustin, N., Sukma, M., & Kusumawati, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Ramah Anak Pada Masa Pandemi COVID-19. Konferensi Nasional Pendidikan Islam, 298–306. http://conference.unisma.ac.id/index.php/KNPI/1/paper/view/1075
Dadvand, B., & Behzadpoor, F. (2020). Pedagogical knowledge in English language teaching: A lifelong-learning, complex-system perspective. London Review of Education, 18(1). https://doi.org/10.18546/LRE.18.1.08
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hayati, N., Noer, M. A., & Khoirol, W. (2015). Kemampuan Mengelola Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(2). https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(2).1452
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Jamaluddin, J. (2020). Guru Sebagai Profesi. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.119
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Latip, A. E., & Supena, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar dengan Gangguan Neuropsiychology. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1290
Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3). https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782
Magdalena, I., Septiana, R., Ilmah, siti nurul, & Faridah, dwi nur. (2020). Analisis Kompetensi Guru Dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Nusantara Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 262–275.
Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Nopriyeni, Prasetyo, Z. K., & Djukr. (2019). The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teachers. International Journal of Instruction, 12(3). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12332a
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Samsudin, S. S. B. (2021). Kompetensi Guru Gred Jawatan DG 52 dalam melaksanakan Pembelajaran Maya Menggunakan Google Classroom : Satu Pemerhatian Awal. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(4). https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i4.764
Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI di Tingkat Pendidikan Dasar. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1).
Sutisna, D., & Widodo. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Wahyuni, R., & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2). https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p108
Zulhandayani, Mahmud HR, B. (2017). Deskripsi kompetensi pedagogik guru di sd negeri 40 banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 193–203.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v15i1.13313
Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.