Efektivitas Model TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Ari Sumirat, L. (2014a). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 21–29.
Ari Sumirat, L. (2014b). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) The Effectivenes Of A Cooperative Learning Strategy Think-Talk-Write Type On The Student’s Compentence In Mathematical Communication And Disposition. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2).
Astin, A. E., Coesamin, M., & Djalil, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 3(2).
Aziz, M., & Maaliah, E. (2017). The Application Of Think-Talk-Write Strategy To Improve The Students’ Writing Skill: A Classroom Action Research. INOVISH JOURNAL, 2(2), 24–34. https://doi.org/10.35314/INOVISH.V2I2.232
Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, 1(2), 178–185. https://doi.org/10.22460/INFINITY.V1I2.P178-185
Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137
Hartati, T. (2020). Pembelajaran Di Sekolah Dasar Dari Prespektif Multiliterasi Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KBTT). Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36706/JISD.V7I2.13251
Hendrawati, N., Muttaqin, N., & Susanti, E. (2019). Etnomatematika : Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 239–243.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Iftitah, N., Widiana, I. W., & Simamora, A. H. (2020). Think Talk Write Assisted Monopoly Media in Students’ Simple Essay Writing Skills. Journal of Education Technology, 4(2), 195–203. https://doi.org/10.23887/JET.V4I2.25144
Kurniaman, O. (2018). Investigating Think Talk Write ( TTW ) Learning Model to Enhance Primary Students ’ Writing Skill. 1(1).
Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563
Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Smk Negeri Di Kota Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 6(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
Mardliyah, A. A. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Di Era Industri Revolusi 4.0. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 0(1), 171–176.
Mariati, N. P. A. M., Sudiarsa, I. W., Sanjiwani, N. M. S., & Putra, P. A. P. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Program Kampus. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.5281/zenodo.6605945
Nufus, R. A. dan H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82. https://doi.org/10.31949/TH.V1I2.384
Nuraeni, R. &, Luritawaty, I. P., Nuraeni, R., Garut, S., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V5I2.265
Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Capaian Literasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 30–42.
Purba, A., & Girsang, S. E. E. (2021). Developing Think Talk Write Strategy on Students’ English Literation Capability. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1374–1384. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1764
Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2019). Program Zonasi Di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 206–213.
Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506
Suciati, S. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.131
Suminar, R. P., & Putri, G. (2018). The Effectiveness of TTW (Think-Talk-Write) Strategy in Teaching Writing Descriptive Text. Academic Journal Perspective : Education, Language, and Literature, 2(2), 300–305. https://doi.org/10.33603/PERSPECTIVE.V2I2.1666
Yunus Abidin, D. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Mneingkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari (ed.)). Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v15i1.13824
Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.