Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi: Sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keIndonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/download/-9144/5681
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/-um009v26i12017p014
De Momando, D. R. (2016). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85.
Elyana, Yennita, & Fakhruddin. (2017). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa MAN 2 Model Pekanbaru dalam menyelesaikan soal ujian nasional Fisika tingkat SMA/MA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–9.
Fajrin, N. D., Akbar, S., & Sutarno. (2013). Analisis kesesuaian buku siswa Kelas V tema peristiwa dalam kehidupan dengan karakteristik pembelajaran tematik dan pendekatan saintifik. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi, (1), 233–238. Retrieved from http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/28.pdf
Fajriyah, K. (2018). Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD Pilot Project kurikulum 2013 Kota Semarang. Elementary School 5, 5(September 2017), 1–6. Retrieved from https://lp3m.unud.ac.id/img/admin/download/279839-edac8bc5c9e515fb663e7f5d97.pdf
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Kemendikbud. (2017). Panas dan perpindahannya: Tema 6 buku tematik terpadu kurikulum 2013 (SD/MI Kelas V) (Revisi). Retrieved from https://bsd.pendidikan.id-/data/2013/kelas_5sd/siswa/Kelas_05_SD_Tematik_6_Panas_dan_Perpindahannya_Siswa_2017.pdf
Maharani, A. D., & Utami, T. S. (2019). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. In G. Yansaputra (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 502–510). Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1059
Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam membaca pemahaman melalui model fives dan model guided reading. Dinamika, 10(2), 44–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889
Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan bahan ajar bermuatan High Order Thinking Skill ( HOTS ) pada pembelajaran tema persatuan dalam perbedaan. In H. D. Santoso, A. Hendra Saptad, A. Yanto, & E. Yuliyanto (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1, pp. 531–538). Retrieved from http://prosiding.-unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/16/17
Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar bermuatan keterampilan berpikir tingkat tinggi di Sekolah Dasar. Elementary School 6 (2019), 6(1), 27–32.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/17824/8934
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan berfikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika ditinjau dari kemampuan number sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 04(01), 81–93.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 439–444. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10002/6556
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuniar, M., Rakhmat, C., & Saepulrohman, A. (2017). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.
DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744
Copyright (c) 2019 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.