Mapping Students' Interest in Selecting Religious Programs in Madrasah Aliyah Darul Ilmi Banjarbaru

Muhammad Efendi, Siswandi Andika Putra, Muniratul Mukaramah

Abstract


Minat adalah suatu momen kecenderungan yang diarahkan secara intensif terhadap suatu objek yang dianggap penting karena selalu ada unsur efektif yang kuat (perasaan dan emosional). Minat juga menampilkan sikap yang muncul dalam diri seseorang. Selain itu, minat adalah suatu dorongan yang menimbulkan keterikatan perhatian individu terhadap objek tertentu seperti pekerjaan, pelajaran, benda, dan orang. Objek penelitian ini adalah minat siswa kelas X (Program Keagamaan) Madrasah Aliyah Darul Ilmi Banjarbaru. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (Program Keagamaan) Madrasah Aliyah Darul Ilmi Banjarbaru sebanyak 50 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, Dapat disimpulkan bahwa pemilihan program studi keagamaan di Madrasah Aliyah Darul Ilmi kelas X tahun pelajaran 2020/2021 dapat menunjang bakat siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa pada peminatan agama dapat dilihat dari faktor bakat dikatakan tinggi dengan rata-rata 86%, faktor prestasi dikatakan tinggi dengan rata-rata 80%, faktor cita-cita dikatakan menjadi tinggi dengan rata-rata 72%, faktor pencapaian dikatakan tinggi dengan rata-rata 72%. motivasi dikatakan tinggi dengan rata-rata 74%, faktor minat dikatakan cukup tinggi dengan rata-rata 61%, faktor lingkungan sekolah dikatakan cukup tinggi dengan rata-rata 69%, faktor lingkungan keluarga dikatakan cukup tinggi dengan rata-rata 55%, dan teman dikatakan cukup tinggi dengan rata-rata 51%.

Keywords


Interest; Student; Religious Program

Full Text:

PDF

References


Andi, H. N. (1985). Anak-Anak Berbakat Pembinaan dan Pendidikannya. CV Rajawali.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Arisanty, D., & Efendi, M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Latihan Penelitian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi MA Darul Ilmi Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Prosiding Konvensyen Kebangsaan Sekolah Kluster Kecemerlangan, 264.

Astuti, M. Y., Sari, I. P., & Fahmi, R. A. (2020). Pemetaan Asal Sekolah, Prestasi Akademik dan Non Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Input Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 252–263.

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108.

Efendi, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran latihan penelitian terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Universitas Negeri Malang.

Efendi, M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Vidya Karya, 36(2), 92–98.

Efendi, M., Masriyah, M., & Riadi, S. (2020). ISLAMIC CONTRIBUTION IN THE COVID-19 PANDEMIC VIEWED FROM HISTORY. Abjadia, 5(2), 157–165. https://doi.org/10.18860/abj.v5i2.10335

Efendi, M., Prayoga, K. R., & Mukaramah, M. (2021). Tanggapan Masyarakat terhadap Pondok Pesantren Darul Ilmi dalam perspektif pendidikan. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 6(2), 69–77.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar (Teaching and learning process). Bumi Aksara.

Herianto, H. (2020). Telaah Kurikulum 2013: Hasil Revisi Tahun 2018.

Krianasari, D. A., & Salsabila, A. (2020). Pengembangan Minat Siswa Kelas III SDN Jelupang 2. ISLAMIKA, 2(1), 148–160.

Kurniati, E. (2004). Pengembangan Pengalaman Belajar dan Sumber Bagi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain, Bernyanyi dan Bercerita.

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (2007). Analisis Data Kualitatif (Alih bahasa oleh Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurhasanah, A., Setiawaty, D., & Idris, F. (2012). Pengaruh Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Pemahaman Bakat Pada Siswa Kelas X-7 di SMAN 32 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 12–18.

Putra, S. A. (2021). Minat Siswa dalam Memilih Program Keagamaan di Madrasah Aliyah Darul Ilmi Kelas X Tahun Ajaran 2020/2021. FTK-UIN Antasari: Banjarmasin.

Rahmadani, A. T. (2016). Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan IPS di Kelas XI SMA Negeri 1 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. UNIMED.

Reza, A., Syukur, A., & Soeleman, M. A. (2017). Penentuan jurusan siswa sekolah menengah atas disesuaikan dengan minat siswa menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means. Jurnal Cyberku, 13(1).

Slameto, B. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan IV). Rineka Cipta.

Sudarmono, S., Apuanor, A., & Lasenia, N. D. (2018). Analisis Faktor Minat Siswa Memilih Jurusan TKJ Pada SMK Negeri 2 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 6(2), 107–115.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sujianto, A. (2020). Psikologi kepribadian. Bumi Aksara.

Sukardi, D. K., & Sumiati, D. M. (1993). Kamus istilah bimbingan dan penyuluhan. Usaha Nasional.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Uzer Usman, M. (2009). Menjadi guru profesional. Remaja Rosda Karya.

Zulaeha, S. (2013). Implementasi Program Kelas Peminatan di MTs Negeri Tangerang II Pamulang. FITK UIN Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v6i2.13443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abjadia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Mailing Address:

Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia

Phone/Faximile: (+62341) 552398, Phonsel: +6281333666063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com

...............................................................................................................................................................

Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

...............................................................................................................................................................

Indexed by: