MORPHOLOGICAL ERRORS IN TEACHING COMPOSITION AT AL-QODIRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL'S ARABIC LANGUAGE CENTER IN JEMBER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, Haerul. (2018). “Penguasaan Mufrādat Dan Qawā’id Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2018): 259. https://doi.org/10.14421/almahara.042-06.
Alfin, Jauharoti. (2013) “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Mahasiswa Kelas Bahasa Indonesia Jurusan PGMI IAIN Sunan Ampel Surabaya.” Madrasatuna: Jurnal Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2: 27–40. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30879.
Amiruddin, Mohammad, dan Ukhti Raudhatul Jannah. (2019) “Peran Lingkungan Bahasa Dalam Pemerolehan Bahasa Inggris Lisan Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton.” Jurnal Pendidikan Edutama 6, no. 1: 65–76. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.279.
A’yuni, Nia Binti Qurota, Agus Budi Santoso, dan Dwi Rohman Soleh. (2015) “Analisis Kesalahan Berbahasa Berbahasa Tataran Morfologi Dalam Skripsi Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2013/2014.” Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3, no. 2: 134. http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/2111.
Fajriah. (2017). “Strategi Pembelajaran Maharah Al- Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.” Pionir : Jurnal Pendidikan 6, no. 2. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3337.
Fathoni, Hanif. (2013). “Pembentukan Kata Dalam Bahasa Arab (Sebuah Analisis Morfologis ‘K-T-B’).” At-Ta’dib 8, no. 1. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/51 3.
Haniah. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab.” Arabi : Journal of Arabic Studies 3, no. 1: 23–34. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.62.
Luthfan, Muhammad Aqil, dan Syamsul Hadi. (2019). “Morfologi Bahasa Arab: Reformulasi Sistem Derivasi dan Infleksi.” Alsina : Journal of Arabic Studies 1, no. 1: 1–22. https://doi.org/10.21580/alsina.1.1.2599.
Maharani, Tisa, dan Endang Setiyo Astuti. (2018) “Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA.” Jurnal Bahasa Lingua Scientia 10, no. 1: 121. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142.
Mahyudin, Erta. “Model Pembelajaran Diskoveri Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2014): 195–208. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1139.
Nurkholis. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab.”
Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 1, no. 01: 10–21. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186.
Nurwicaksono, Bayu Dwi, dan Diah Amelia. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa.” AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 2: 138. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020201.
Rahmawati, Latifah. (2018). “Penerapan Metode Musabaqoh Bithoqoh Mukhtalithul Kalimah (MBMK) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Al-Kitabah Siswa MAN 1 Yogyakarta.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2: 275. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-07.
Setyawati, Nanik, dan Rohmadi Muhammad. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Sitanggang, Sri Meragnes, Syarifah Fatimah, dan Syukur Saud. (2018). “Analisis Kesalahan Dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 2, no. 1. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5634.
Supriani, Reni, dan Ida Ramadhani Siregar. (2016) “Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa.” Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya 3, no. 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/52 04.
Syahid, Ahmad Habibi. (2015) “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native).” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 1: 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797.
Tajuddin, Shafruddin. (2017) “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 29, no. 2: 200–215. https://doi.org/10.21009/parameter.292.08.
Thoha, Mohammad. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah.” OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 6, no. 1 (2012).
http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/view/420.
Utami, Nurul. (2015). “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Siswi MTs Multilingual Kelas VIII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/16103/.
Wahab, Laode Abdul. (2018). “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Tulis Peserta Musabaqah Makalah Al-Qur’an Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 13, no. 1: 128. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.884.
Yusuf, Juhaeti, Ahmad Zaki Alhafidz, dan Muhammad Fahmi Luthfi. (2019). “Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al- Kitabah.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 02: 203. https://doi.org/10.32332/an- nabighoh.v21i02.1683.
DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v9i1.25269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 bayu wahyu maulana
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
...............................................................................................................................................................
Mailing Address:
Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Phone/Faximile: (+62341) 552398, Phonsel: +6281333666063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com
Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: