IMPLICATIONS OF CONSTRUCTIVISM LEARNING THEORY ON STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS: A THEORETICAL STUDY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, N., Pioma Gabe Pardede, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, P. (2024). Evaluasi Efektivitas Teknik Penilaian Formatif dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15159–15162. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V8I1.14533
Apriono, D. (2013). PEMBELAJARAN KOLABORATIF: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan. DIKLUS, 17(1). http://journal.uny.ac.id/diklus/article/view/2897
Basri, H., Jannah, U. R., Nuritasari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada masalah dengan informasi yang kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63–78.
Chand, S. P. (1995). Constructivism in education: Exploring the contributions of Piaget, Vygotsky, and Bruner. Children, 10.
Chasbullah, W. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme.
Firdaus, A., Sugilar, H., & Aditya, A. H. Z. (2023). Teori Konstruktivisme dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis. Gunung Djati Conference Series, 28, 30–38. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1776
Hakiky, N., Nurjanah, S., & Fauziati, E. (2023). Kurikulum merdeka dalam perspektif filsafat konstruktivisme. Tsaqofah, 3(2), 194–202.
Haryanto, Z. (2013). Efektivitas Model Lesson Study dalam Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme pada SMA/MA di Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012. Media Komunikasi FPIPS, 12(1).
Herlita, F., Yamtinah, S., & Wati, I. K. (2023). The Effect of the PjBL-STEM Model on Students’ Critical Thinking Ability in Science Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.21831/JIPI.V9I2.57963
Julina, S. (2023). Peran Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023: Perspektif Konstruktivisme. Jurnal Alternatif, 14(2). https://jurnal.fisipjayabaya.com/index.php/alternatif/article/view/5
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Lederman, N. G. (1992). Students’ and teachers’ conceptions of the nature of science: A review of the research. Journal of Research in Science Teaching, 29(4), 331–359.
Liu, C. H., & Matthews, R. (2005). Vygotsky’s philosophy: Constructivism and its criticisms examined. International Education Journal, 6(3), 386–399. http://iej.cjb.net
Made, P., Pramana, A., Ketut Suarni, N., & Gede Margunayasa, I. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/IDEGURU.V9I2.875
Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/JITP.V8I2.38706
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 924–932. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129
Meutiawati, I., Uin, A.-R., & Banda, A. (2023). KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 80–90. https://doi.org/10.22373/JM.V13I1.18099
Mukhlis, A., & Yus, A. (2023). BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DITINJAU DARI FILSAFAT KONSTRUKTIVISME PADA PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 56–62. https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/660
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ED.V11I2.4634
Nugrahanti, R., Nugrahanti, R., Suryadi, A., & Dewi, H. I. (2022). STUDI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Instruksional, 4(1). https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%p
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Prajoko, S., Sukmawati, I., Maris, A. F., & Wulanjani, A. N. (2023). Project Based Learning (PjBL) Model with STEM Approach on Students’ Conceptual Understanding and Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 401–409. https://doi.org/10.15294/JPII.V12I3.42973
Rahman, A., Masitoh, S., & Mariono, A. (2022). Collaborative Learning to Improve Creative and Critical Thinking Skills: From Research Design to Data Analysis. International Journal of Educational Review, 4(1), 79–96. https://doi.org/10.33369/IJER.V4I1.22016
Rahmani, N. A., Yusuf, A., Izzati, N. W., & Aqilla, N. A. (2023). RELEVANSI FILSAFAT KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN SISWA DI ERA DIGITAL. Journal Genta Mulia, 15(1), 36–47.
Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan metode pembelajaran project based learning untuk membantu siswa dalam berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91.
Setyabrata, I. B., Sholikhah, O. H., & Satdewo, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 IPAS melalui Pendekatan Problem Based Learning dalam KUMER. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 7159–7168. https://doi.org/10.23969/JP.V8I1.8299
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48–53. https://doi.org/10.23887/JLLS.V5I1.40510
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA: JURNAL KEISLAMAN DAN ILMU PENDIDIKAN. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208/170
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228. https://doi.org/10.14421/NJPI.2024.V4I1-13
Ulhaq, R., Huda, I., & Rahmatan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Modul Kontruktivisme Radikal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 244–252. https://doi.org/10.24815/JIPI.V4I2.17874
Vijaya Kumari, S. N. (2014). Constructivist Approach to Teacher Education: An Integrative Model for Reflective Teaching. Journal on Educational Psychology, 7(4), 31–40.
Wahyuningsih, S. (2021). Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Himpunan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 10–21. https://doi.org/10.53299/JPPI.V1I1.19
Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad, R. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEER FEEDBACK ACTIVITY. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2). https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26056
DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v9i2.28331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Umar Hasan Hidayatullah
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
...............................................................................................................................................................
Mailing Address:
Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Phone/Faximile: (+62341) 552398, Phonsel: +6281333666063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com
Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: