Curriculum Of Kitab Kuning Learning Base On Integrative Approach/ منهج تعليم كتب التراث على ضوء المدخل التكاملي
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENCES
Al-Basyir, Muhammad Muzammil. (1995). Madkhal ila al-Manahij wa Thuruq al-Tadris (2nd ed.). Al-Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah: Dar al-Liwa’ li al-Nasyr wa al-Tawzi’.
Al-Daylimiy, Thaha ‘Ali Husain & Sa’ad ‘Abd al-Karim ‘Abbas al-Wa’iliy. (2005). Al-Lughah al-‘Arabiyyah: Manhajuha wa Thara’iqu Tadrisiha (1st ed.). ‘Amman: al-Syuruq.
Al-Ghazaliy, Amal Hasan Ibrahim. (2019). Taqwimu Manhaj al-Tarbiyyah al-Fanniyyah wafqan li Mu’thiyyat al-Falsafah al-Baraghmatiyyah. Majallat Jami’ah Babyl li al-‘Ulum al-Insaniyyah, 27(3): 378. https://journalofbabylon.com/index.php/JUBH/article/download/2395/1854
AlMakin. (2017). Sosialisasi Pembelajaran “Menjadi Mahasiswa Visioner di UIN Sunan Kalijaga”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Anita, Dewi Evi. (2014). “Walisongo: Mengislamkan Tanah Jawa -Suatu Kajian Pustaka-.” Jurnal Wahana Akademika, 1(2): 243-266. https://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/815 Doi : 10.21580/wa.v1i2.815
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Azra, Azyumardi. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Barizi, Ahmad. (2002). Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Departemen Agama. (2003). Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.
Dhofier, Zamakhsari. (1994). Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Hamalik, Oemar. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hariri, Mahmud & Nadir Idlibiy. (2020). Al-Madkhal al-Takamuliy fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nathiqina bi Ghairiha. Majallat al-Qari’ li al-Dirasat al-Adabiyyah wa al-Naqdiyyah wa al-Lughawiyyah, 2(2): 209. https://www.asjp.cerist.dz/en/article/139511
Husaini. (2019). Fa’aliyyah Istikhdami Thariqah al-Munaqasyah fi Tarqiyyah Maharat al-Kalam. Majallat al-‘Arabiyyah, 8(1): 53. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/arabiyya/article/view/251/164
Madjid, Nurcholish. (1997). Bilik-Bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.
Maunah, Binti. (2009). Tradisi Intelektual Santri (Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan). Yogyakarta: Teras.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi penelitian Kualitatif: Edisi Revisi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mutma’inah, Siti. (2017). “Integrative Approach: Paradigmatic And Implementative Reviews In Learning Fiqih In Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Elementary, 5(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/2996 Doi: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v5i2.2996
Nafi’, M. Dian. (2007). Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: Instite For Trining and Development (ITD) Amhers MA, Forum Pesantren Yayasan Salasih.
Pausi, Miftah. (2018). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Analisis Dimensi Humanistik dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru). Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Reksoatmodjo, Tedjo Narsoyo. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sa’ud. (2006). Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. (2008). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Metode Penelitian dan Pengembangan). Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Ulum, Miftahul. (2020). “Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum: Relevansi dan Kontinuitas.” Attanwir: Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 12(1): 70. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/32
Wahid, Abdurrahman. (1999). Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah.
Yunus, Mahmud dan Muhammad Qasim Bakar. (n.d). Al-Tarbiyah wa al-Ta’lim. Mathba’ah Daru al-Islam: Kulliyatu al-Mu’allimin al-Islamiyyah Gontor.
DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i3.16463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Slamet Daroini, Mohammad Atmim Aisyi
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/