PENGARUH MEDIA JIGSAW PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI
Abstract
Kecintaan terhadap agama Islam hendaknya mulai ditanamkan sejak dini. Beragam cara dapat diupayakan, salah satunya dengan menggunakan metode sederhana yakni pengenalan huruf hijaiyah sebagai huruf yang digunakan didalam menyusun kata bahasa Arab yang merupakan bahasa kitab suci dan tuntunan agama umat Islam sedunia. Penelitian bertujuan mengetahui sejauh mana pengaruh media pembelajaran edukatif dalam hal ini berupa jigsaw puzzle terhadap minat belajar huruf hijaiyah anak usia dini kelas B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6. Pendekatan eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design adalah metode dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas B tahun ajaran 2017-2018 yang berjumlah 12 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata pre-test 15,415 dan rata-rata post-test 32,375. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh thitung = 9,133 untuk dk = 11 dan α=5% diperoleh ttabel sebesar 0,69745 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar peserta didik kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 6. Perhitungan besar peningkatan kosakata anak digunakan normalized gain.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badru Zaman, Asep Hery Hernawan dan cucu Eliyawati. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayat, Febri. (2013). Skripsi. Perancangan Game Edukasi Puzzle sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Komputer Indonesia
Mujib Fathul dan Nailur Rahmawati. (2013). Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2). Diva press: Yogyakarta.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Wardani, Naniek Sulistya. (2012). Pengaruh Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik.Salatiga: Universitas Kristen Satyawacana.
Yulianti, D. (2010). Penerapan dalam Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Semarang: PFI Unnes.
Yulianti, Dwi .(2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks
DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rofik Jalal Rosyanafi
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/