Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa
Abstract
Keywords
Full Text:
32 - 45References
Abdullah, M. (2019). “Mengurai Model Pendidikan Pesantren Berbasis Moderasi Agama: dari Klasik ke Modern” Prosiding Nasional Vol. 2, 55-74.
Amin, A. T. M. (2014). “Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam”, Jurnal Al Qalam, 20 (3), 24-40.
Anwar, K. (2011). Kepemimpinan Pesantren: Menawarkan Model Kepemimpinan Kolektif dan Responsif. Jambi: Sulthan Thaha Saifuddin Press.
Arif, K. M. (2020). “Konsep Moderasi Islam Dalam Pemikiran”. Millah: Jurnal Studi Agama, 19 (2), 307-344.
Asrori, S. (2020). “Lanskap Moderasi Keagamaan Santri: Refleksi Pola Pendidikan Pesantren”. JISI: Jurnal Ilmu Sosial. 1 (1), 16-26.
Awwaliyah, N. M. (2019). “Pondok Pesantren Sebagai Wadah Moderasi Islam di Era Generasi Milenial”, Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman. 8 (1), 36-62.
Balitbang. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Balai Litbang Kemenag RI 2019.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitatif & Mixed Method Appoacches Fourth Edition. London: Sage Publication.
Fahri, M. dan Zainuri, A. (2019). “Moderasi Beragama di Indonesia”. Intizar: Jurnal Pendidikan Islam. 25 (2), 95-100.
Haningsih, S. (2008). “Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia.” El tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), 30-40.
Hasan, A. M. (2018). Biografi A. Hasyim Muzadi. Depok: Keira Publishing.
Hasani, A. S. (2016). Studi Islam I Kajian Islam Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.
Hiqmatunnisa, H. dan Az Zafi, A. (2020). “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih di PTKIN Menggunakan Konsep Problem-Based Learning”. JIPIS. 29 (1).
Ismail, A. S, et.al. (2007). Islam Moderat: Menebar Islam Rahmatan lil ‘Alamin, Jakarta: Pustaka Ikadi.
Maulana, A. (1997). Manajemen Strategik, Formulasi, Implementasi dan Pengenalian. Jakarta: Binarupa Aksara.
Miles, M. B. and Huberman, A. M, Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. USA: Sage Publications.
Mochtar, A. (2019). “Pola dan Model Perubahan Pesantren” Eduprof : Islamic Education Journal”, 1 (1), 81-93.
Nasir, R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prasetiawati, E. (2017). “Menanamkan Islam Moderat Untuk Menanggulangi Radikalisme di Indonesia,” Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 2 (2), 519-530.
Al-Qardhawy, Y. (1997). Al-khashoish al-Ammah Fi al-Islam. Kairo: Maktabah Wahbah.
Al-Sudais, A. B. A. A. (2017). Buluughul ‘Amal fi Tahqiiq al-Wasathiyyah wa al-I’tidaal. Riyadh: Madar AL-Wathan li al-Nasyar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumarto. (2019). "Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pesantren." Jurnal Ri’ayah, 4 (1), 23-24.
Sutrisno, E. (2019). “Aktualisasi Beragama Di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Bimas Islam. 12 (1), 323-348.
Sya’bani, M. A. Y. dkk. (2020) “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Wasaṭiyyah Melalui Budaya Moderasi Beragama Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kerukunan Dan Toleransi Umat Beragama Di Kebomas Gresik” MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2), 271-276.
Tim Redaksi. (2016). “Wahid Hasyim dan Modernisasi Pendidikan Tradisional,” Warta NU, 30-Mar-2016. [Online]. Diakses melalui laman http://www.nu.or.id/post/read/66915/wahid-hasyim-danmodernisasi-pendidikan- tradisional. pada 09 Desember 2020.
Uphoff, N. (1986). Local Institutional Development: An Analytical Sourcebook With Cases. Kumarian Press.
Yulianto, R. (2020). “Implementasi Budaya Madrasah Dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama”. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (1), 111-123.
Yusuf, A. (2018). “Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam: Aqidah, Syari’ah dan Tasawwuf”. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3 (2), 203-216.
Zamimah, I. (2018). “Moderatisme islam dalam konteks keindonesiaan” Al Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1, (1), 75-90.
DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Maskuri Maskuri; A. Samsul Ma'arif; M Athoiful Fanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Editorial Office:
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Phone (0341) 552398, Faximile (0341) 552398
E-mail: jpai@uin-malang.ac.id
J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
...............................................................................................................................................................
Indexed by: