Implementation of the scramble method of cooperative learning to enhance the skill of writing Arabic sentence
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter (Cetakan 1). Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=12778#
Amalinda, E. D., & Fradana, A. N. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI PERMAINAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 779–790. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13389
Ch, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Kitābah) dengan Menggunakan Metode Scramble di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma ‘rifah, 17(1), 58–68. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.01.06
Hidayat, D. R. (2010). Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Mata Pelajaran. CV. Trans Info Media. http://sipus.usu.ac.id/opac2.2/buku/98590/Cara-mudah-penelitian-tindakan-kelas-untuk-guru-mata-pelajaran-dan-guru-kelas.html
Hidayati, N. B. (2021). Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Kalimat Bahasa Inggris. Penerbit NEM.
Khaerati, N., Darmawati, & Halim, A. (2023). The Relationship Between Listening Skills and Arabic Writing Skills. Al-Iftah: Journal of Islamic Studies and Society, 4(1), 45–62. https://doi.org/10.35905/aliftah.v4i1.7448
Ma’ruf, S. I., & Zamhari, M. S. (2018). Model Pembelajaran Scramble. Model Pembelajaran Scramble, 1–6. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1264
Maulida, Dewi Safira, 2022. Review of the Blended Learning as the Model in Improving Students` Paragraph Writing Skills Abjadia : International Journal of Education, 07 (01): 59-72, https://doi.org/10.18860/abj.v7i1.15901.
Mulyasa, H. E. (2008). Praktik Penelitian Tindakan Kelas: Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan (Cet. 1). Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=461977#
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Nasrullah, M. A., & Iswahyudi. (2024). Implementasi Metode Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab di MTs Futuhiyyah Bangorejo. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 109–121. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v4i1.2861
Qurani, A. S., Solihati, S., Fudiah, N. A., Mufarokah, S., Istiadah, I., & Firdaus, R. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim dan STIBA Ar-Raayah. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.52593/klm.04.1.03
Rathomi, A. (2019). Imla’Manzhur Dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Sekolah Dasar. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 2(1). http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/44
Rusydi, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN [PhD Thesis, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/19220/
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713–726. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/download/567/463
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana keprofesionalan guru dan calon guru. Malang. Bayumedia Publishing.
Tanjung, R., Supandi, & Toyyib, A. M. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki Ii Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299
Taufik. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Cetakan 4). UIN Sunan Ampel Press. https://adoc.pub/queue/taufik-m-pd-i-pembelajaran-bahasa-arab-mi.html
DOI: https://doi.org/10.18860/abj.v10i2.32089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Latifatul Ma'rifah Nurul Haqiqi, Abdul Haris, Bambang Irawan, Bayu Wahyu Maulana
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
...............................................................................................................................................................
Mailing Address:
Ruang Jurnal Abjadia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Phone/Faximile: (+62341) 552398, Cell Phone: +62 81 333 666 063
Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/abjadia
Email: abjadia@uin-malang.com
Abjadia: International Journal of Education. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
...............................................................................................................................................................
Indexed by:




