BENTUK INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BERBAHASA ARAB

Ana Rahmawati

Abstract


Interferensi sering terjadi pada pembelajar bahasa asing karena adanya dominasi gramatikal bahasa pertama pada diri pembelajar ketika mereduksi makna ke dalam bahasa target atau bahasa kedua. Interferensi dapat diidentifikasi dengan dua pendekatan, yaitu; analisis kontrastif dan analisis kesalahan berbahasa. Tujuan dari hasil studi dan analisis yang telah dilakukan, untuk mengetahui beberapa struktur bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama yang masuk dan mendominasi dalam struktur bahasa arab. Hal ini tampak jelas pada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar bahasa dalam berbahasa Arab dalam ragam bahasa tulis  (insya’) ataupun lisan (mukhadatsah), dan kesalahan tersebut ditemukan pada beberapa pola dan struktur kalimat dalam mengungkapkan sebuah makna (ta’bir) atau makna yang diungkapkan oleh pembelajar dengan bahasa yang digunakannya.Terdapat beberapa unsur sintaksis bahasa Indonesia (L1) yang mendominasi dalam pola struktur bahasa Arab pada ragam bahasa tulis ataupun lisan yang digunakan oleh pembelajar bahasa Arab (L2), dan dominasi bahasa pertama tampak jelas dan ditemukan pada beberapa kesalahan pada bahasa kedua, diantaranya yaitu; 1) Pola kalimat P+O+S dengan kata kerja transitif. 2) Pola kalimat P+S+O dengan kata kerja transitif. 3) Pola kalimat D + M dengan menggunakan kata tugas (Jar). 4) Subjek dengan menggunakan an + Fi’il mudhorik. 5) Kalimat pola D + M dengan variasi Kaana wa akhowatuha. 6) Penggunaan kata sifat (tarkib bayani). 7) Penggunaan sifat berbentuk kalimat. 8) Penggunaan penghubung antar kata. 9) Penggunaan bilangan dalam kalimat.

 

Kata kunci: interferensi bahasa, sintaksis, bahasa Arab, metode deskriptif kualitatif.


Full Text:

PDF

References


Budiarty, Any. Interferensi Bahasa Indonesia Ke Dalam Bahasa Inggris Pada Abstrak Jurnal Ilmiah. (Jurnal: Bahasa dan Seni, Vol. 41, No. 1, Februari 2013.

Henry, Guntur Tarigan. 1984. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

Lekova, B. Language Interference And Methods Of Its Overcoming In Foreign Language Teaching, (Trakia Journal Of sciences, Vol. 8, Suppl. 3, pp 320-324, 2010).

Malibari, A Akrom dkk. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama/UIN, (Jakarta: Depag RI, 1976).

Moeliono, Anton M. Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 2000).

Ramlan, M. 1981. Ilmu Bahasa IIndonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Rahardi, R. Kunjana. Kajian Sosiolinguistik. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Riset & Development. Bandung: ALFABETA.

Suja’i. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. (Semarang: Walisongo Press, 2008).

Tarigan dan Sulistianingsih. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i2.5416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ijaz Arabi : Journal of Arabic Learning is Indexed by

   

______________________________

Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Jln. Gajayana 50 Malang Indonesia, 

Email: ijazarabi@uin-malang.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a CC BY-NC-SA

© All rights reserved 2018. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, ISSN Print: 2620-5912 ISSN Online: 2620-5947