Implementation Of Instagram For Teaching Arabic Reading Skill To Increase Students Learning Motivation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S., Salminawati, S., & Rakhmawati, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis reels instagram untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 733. https://doi.org/10.29210/1202323204
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Bery Mokalu, Y., Wowor, E. C., & Tumewu, W. A. (2022). Developing Instagram Application-Based Media To Optimize Student Learning Outcomes Of The Natural Science Education Department Unima Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Instagram Untuk Optimalisasi Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ipa Unima (Vol. 5, Issue 2).
Chalely, L. M. U. H., Siti Durotun Naseha, & Izzah Nur Hudzriyah Hasan. (2024). Studi Implementasi dan Efektivitas TPACK dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.144
Dwi Retno Kharian. (2024). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn No 100311 Palsabolas Pada Mata Pelajaran Ips T.A 2023/2024.
Fidayani, E. F., & Ammar, F. M. (2023). The Use of Azhari Curriculum in Arabic Language Learning at Islamic Boarding School. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 25–45. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2866
Fuadah, S. (2020). Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab. Studi Arab, 11(2), 137–151. https://doi.org/10.35891/sa.v11i2.2513
Halimah, ‘Aqif. (2020). تعليم مهارة القراءة للناطقين بغيرها. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2), 249. https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6744
Hidayat, A. F. S., & Zulvanni Anggraini, F. (2021). العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة. Shaut al Arabiyyah, 9(1), 78. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.20830
Ilmiani, A. M., & Muid, A. (2021). Bi’ah Lughawiyyah Era Society 5.0 Melalui Penggunaan Media Sosial Mahasiswa. Arabi : Journal Of Arabic Studies, 6(1), 54. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.348
Ishida, A., & Sekiyama, T. (2024). Variables influencing students’ learning motivation: critical literature review. In Frontiers in Education (Vol. 9). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1445011
Jamaludin, M. J., Munir, D. R., Luthfi, T., & Fajar, A. (2024). تطبيق الطريقة التركيبية والتحليلية في تعليم اللغة العربية لتحسين مهارة القراءة لدى طلبة المدرسة الدينية التكميلية إعانة المبتدي دارنجدان برواكرتا. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.53038/tlmi.v3i1.94
Khoiriya, U., Alamsyah Kusumadinata, A., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2023). Marketing Communication of Indigenous People’s Products Through Instagram Social Media @Gerainusantara_Aman. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(5), 507. https://doi.org/10.55927/esa.v2i5.6008
Khoiriyah, H. (2020). Metode Qirā’ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 32. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7804
M. Taufik Arkan, Bernan Dwi Atmojo, Tiara Pelangi Arafah, Ahmad Hudaebiah, Fadly Alfarissy, Muhamad Zakariya, & Humairo Azizah. (2024). Efektivitas Media Kincir Angin untuk Melatih Maharah Qiro’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa PAUD dan Pembelajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) Siswa TPA serta Pentingnya Literasi Ekonomi Islam terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Muhaimin, R., Tinggi, S., Negeri, A. I., & Natal, M. (2024). Peran Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri 161 Bangun Purba.
Nurulloh Olla Fransisca, Novitaria Arti Pujiastuti, Pupung Puspita Ningrum, Almira Dini Khairina, & Edy Suprapto. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Rahmawati, A., Astuti, D. M., Harun, F. H., & Rofiq, M. K. (2023). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Kalangan Gen-Z. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 905–920. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6495
Rahmawati, S. U., Aisyah, S. N., Mufidza, S., & Umbar, K. (2024). Analisis Konten Instagram @alazharcenterpare dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(1), 20–30. https://doi.org/10.37274/ukazh.v5i1.895
Rahmi, S. (2022). استخدام وسائل نص القصة لترقية مهارة القراءة. JURNAL AL-IHDA : Media Ilmiah Bahasa Arab, 10(1), 15–37. https://doi.org/10.58645/alihda.v10i1.119
Roji, F. (2020). تطبيق طريقة التمييز في تعليم مهارة القراءة بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى جاكرتا. Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 170–200. https://doi.org/10.21274/tadris.2020.8.1.170-200
Saputra, H., Marsiah, M., & El Bilad, C. Z. (2021). Analisis Kualitas Instagram @kursus_arab_alazhar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.3107
Setia, U., & Rangkasbitung, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Pada Materi Teks Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Otkp 1 Smk Negeri 1 Bayah Reni 1) , Elih Solihatulmilah 2) , Eka Nurul Mualimah 3) (Vol. 4).
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Sungkar, A., Raden, U., & Lampung, I. (2022). Problematika Linguistik Dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Intan Lampung اﻟ ﻤﻠﺨ ﺺ (Vol. 11, Issue 1).
Syahid, A. H., & Mufti, M. A. (2021). Using Instagram On Arabic Learning In The Post-Pandemic Era: Students’ Voices. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(2), 241–254. https://doi.org/10.15408/a.v8i2.22909
Tiarma Fitri Malau, Kurnia Novita Harianja, Yesiana Simarmata, & Helena Turnip. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.462
Wahyu Pratama, A., Mahliatussikhah, H., & Murtadho, N. (2024). Opportunities and Challenges of Common European Framework of Reference for Language (CEFR) Standardization in Arabic Language Learning. Journal of Arabic Studies, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.24865/ajas.v9i1.774
Wardani, A., & Afriansyah, H. (2019). Pentingnya Sarana dan Prasarana Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/39dqy
Wibisono, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Remaja (Studi Pada Mahasiswa Di Lingkungan Fisip Unila). SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(2), 145–164. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v22i2.65
Zahran Dhia, H., Khoiriyatunnisa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, L., & Ilmu Pengetahuan Budaya, F. (2021). Pemanfataan Platfrom Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula.DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v8i1.30249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ismatul Hidayah Fitriani, Dewi Chamidah
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/