Investigating Active Learning Model For Arabic Grammar Lectures
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Omar, M., Sulaiman, A., & Muhamad, N. (2017). The arabic grammar competence and performance among religious stream students at National Lower Secondary School, Terengganu, Malaysia. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(3), 174-188. 10.6007/IJARPED/v6-i3/3170.
Aisida, S. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran active learning model giving question and getting answer terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Jinan Wonoayu. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 105-114.
Asiah, N. (2017). Analisis kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif (active learning) mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20-33.
Asmawati., Asy’ari., & Malkan. (2020). Active Learning Strategies Implementation in Arabic Teaching at Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 1-20.
Asrori, I. (2004). Sintaksis Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Boholano, H. B. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and leaning skill. Journal of Research in Pedagogy, 7(1), 21-29.
Cohen, L., Manion, L., &Morrison, K. (2018). Research method in education (8th ed.). Roudledge Taylor & Francis E-Library.
Effendy, A., F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Fadlillah, M., Wahab, R., & Ayriza, Y. (2020). Understanding the Experience of Early Childhood Education Teachers in Teaching and Training Student Independence at School. The Qualitative Report, 25(6), 1461-1472. Retrieved from https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol25/iss6/3.
Fitriani, L., & Arifa, Z. (2018). Project-based learning in promoting active learning for Arabic as foreign language learners. In Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI), 590-595, DOI: 10.5220/0009912305900595.
Hasanah, S. U. (2019). Studi komparasi penerapan metode active learning model reading aloud dan metode konvensional model ceramah dalam pembelajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap respon siswa kelas V MI Ma’arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804-822.
Inayati, N. L. Kasanah, U., N. & Khotimah, K. (2021). Pendampingan metode musābaqah biṭāqah mukhtaliṭul kalimah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Boyolali. JPMN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(1), 18-30. https://doi.org/10.35870/jpmn.v1i1.263.
Isnaini, R. L. (2017). Istiratijiyah tadris qawa’id al-lughatu al-‘arabiyyah bi kitabi Alfiyah Ibn Malik bi al-madrasah ad-diniyyah al-wustha Al-Muayyad Surakarta. Al-Mahara, 3(2), 191-218. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.24018
James H, M., & Sally, S. (2003). Research in Education. New Jersey: Pearson.
Komaruddin. (2018). Implementasi model active learning dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(8), 39-50.
Kristin, F. (2017). Keberhasilan belajar mahasiswa ditinjau dari keaktifan dalam perkuliahan dengan menggunakan pembelajaran active learning. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(2), 405-413.
Makruf, I. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’S Press.
Miftari, I. (2014). Project Based Learning: Developing 21st Century Collaborative and Technology Skill. European Journal of Research on Education, Special Issue:
Educational Technology and Lifelong learning, 52-57.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage.
Mualif. (2019). Pembelajaran Nahwu/Sharaf dan Implikasinya Terhadap Membaca Dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer Pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadi-Ien (MTM) Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Al-Hikmah, 1(1): 26-36.
Mubayyinah, N. & Ashari, M., Y. (2017). Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75-93.
Muhasim. (2019). Pengaruh metode active learning terhadap peningkatan motivasi dan kreativitas belajar peserta didik di era globalisasi. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 108-130.
Nurdyansyah & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal TEKPEN, 1(2), 1-10.
Nurlaila & Nurdiniawati. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk kemahiran berbicara bahasa Arab. Al-Af’idah, 2(2), 67-84.
Rois, I. N. & Diniyah, H. (2020). Strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV 2020. HMJ Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Setyawan, C. E. (2015). Pembelajaran qawaid bahasa Arab menggunakan
metode induktif berbasis istilah-istilah linguistik. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 4(2), 81-95.
Silberman, M. L. (2006). Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.
Sriwahyuni. (2017). Pengaruh model active learning terhadap hasil belajar keterampilan membaca pantun siswa kelas IV SDN no. 167 Inpres Malewang Kec. Polongbangkeng Utara Kab. TAKALAR. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sumar, W. T. & Razak, I. A. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Bebrasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish.
Suwartini, I. (2017). Penerapan active learning sebagai upaya meminimalisir kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks (genre). https://docplayer.info/32262655-Penerapan-active-learning-sebagai-upaya-meminimalisir-kesulitan-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-berbasis-teks-genre-iis-suwartini-m-pd.html.
Syamsiyati, E. (2019). Penerapan metode pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 19-34. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia.
Wahab, M. A. (2009). Pemikiran Linguistik Tammam Hassan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ed. 1, cet. 1. Jakarta : UIN Jakarta Press.
Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, M. & Wekke, I. S. (2015). Active Learning on Teaching Arabic for Special Purpose in Indonesian Pesantren. Procedia Sosial and Behavioral Sciences, 191, 137-141.
Zaini, H. (2017). Teori pembelajaran bahasa dan implementasi strategi pembelajaran aktif. Jurnal An- Nabigho, 19(2), 194-211.
Zaman, B. (2020). Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13-27.
Zulfahmi, H., B. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks pengimplementasian pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Jurnal Al Ta’lim, 1(4): 278-284
DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v7i2.25175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hafidah Hafidah, Rohmatun Lukluk Isnaini, Muhammad Nur Kholis
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/